Breaking News:

Virus Corona

WHO Prihatin Banyak yang Mengalami Efek Long Covid

WHO saat ini sedang berupaya untuk memiliki program rehabilitasi yang lebih baik untuk penderita long Covid.

Free/crowf
ILUSTRASI Covid-19 varian Delta Plus 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta orang-orang yang tengah berjuang melawan 'efek long Covid' untuk mencari bantuan medis, meskipun telah pulih dari fase akut virus corona (Covid-19).

Lembaga tersebut mengatakan pada hari Rabu kemarin bahwa pihaknya sangat prihatin dengan jumlah penderita long Covid yang hingga kini angkanya belum diketahui pasti, meskipun mereka meyakini angkanya sangat banyak.

Perlu diketahui, saat ini hampir 200 juta orang di dunia diketahui mengalami Covid-19.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (5/8/2021), Pemimpin Teknis Covid-19 Badan Kesehatan PBB, Maria Van Kerkhove menyebut bahwa efek long Covid tetap menjadi salah satu aspek pandemi yang paling misterius.

"Sindrom pasca-Covid ini atau long Covid adalah sesuatu yang sangat dikhawatirkan oleh WHO, WHO memastikan bahwa kami memberikan pengakuan atas ini, karena ini nyata," kata Van Kerkhove.

Ia mengatakan, mayoritas dari mereka yang terinfeksi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit Covid-19, 'menderita efek jangka panjang'.

"Kami tidak tahu berapa lama efek ini bertahan dan kami bahkan sedang mengerjakan definisi kasus untuk lebih memahami dan menggambarkan seperti apa sindrom pasca-Covid ini," tegas Van Kerkhove.

Baca juga: Pemda Kekurangan Vaksinator Untuk Percepat Vaksin Covid-19, Ini Saran Ketua MPR

WHO, kata dia, saat ini sedang berupaya untuk memiliki program rehabilitasi yang lebih baik untuk penderita long Covid.

Lembaga itu juga melakukan penelitian yang lebih luas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sindrom apa itu dan bagaimana efeknya itu dapat dikendalikan.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved