Virus Corona

Dirjen WHO: Akhir Pandemi Covid-19 Ada di Depan Mata

Dirjen WHO, Tedros Adhanom mengungkapkan pandangan optimisnya terkait akhir pandemi Covid-19 di dunia.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Daryono
AFP
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyerukan pada Senin (20/12/2021) agar dunia bersatu dan membuat keputusan sulit yang diperlukan untuk mengakhiri pandemi Covid-19 dalam tahun depan. - Dirjen WHO, Tedros Adhanom mengungkapkan pandangan optimisnya terkait akhir pandemi Covid-19 di dunia. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkap pandangan optimisnya tentang pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama lebih dari dua tahun.

Dunia tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi Covid-19, kata dia pada Rabu (14/9/2022).

"Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Kita belum sampai di sana, tapi ujungnya sudah di depan mata," kata Tedros kepada wartawan dalam konferensi pers virtual, lapor Reuters

Ini merupakan penilaian paling optimis dari WHO sejak mengumumkan keadaan darurat internasional pada Januari 2020 silam.

Diketahui, tiga bulan setelahnya badan PBB ini mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi.

Virus yang pertama kali muncul di China pada akhir 2019 ini, telah menewaskan hampir 6,5 juta jiwa dan menginfeksi 606 juta orang di seluruh dunia.

Baca juga: Menjalani Lockdown Covid-19 Selama 40 Hari, Penduduk Xinjiang China Mengeluh Kelaparan  

Keberadaannya mengguncang ekonomi global dan membanjiri sistem perawatan kesehatan.

Peluncuran vaksin dan terapi telah membantu membendung kematian dan rawat inap.

Varian Covid-19 Omicron yang muncul akhir tahun lalu juga menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah.

Kematian akibat Covid-19 pekan lalu adalah yang terendah sejak Maret 2020, WHO melaporkan.

Dalam kesempatan itu, Tedros kembali mendesak negara-negara untuk tetap menjaga kewaspadaan dan menyamakan pandemi dengan perlombaan maraton.

"Sekarang adalah waktunya untuk berlari lebih keras dan memastikan kita melewati batas dan menuai hasil dari semua kerja keras kita," jelasnya.

Negara-negara perlu mencermati kebijakan mereka dan memperkuatnya untuk Covid-19 dan virus di masa depan, kata Tedros.

Dia juga mendesak semua negara untuk memvaksinasi 100 persen penduduk dalam kelompok berisiko tinggi dan terus menguji virus.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.  - Dirjen WHO, Tedros Adhanom mengungkapkan pandangan optimisnya terkait akhir pandemi Covid-19 di dunia. (El Pais)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved