Konflik Rusia Vs Ukraina

Militer Inggris Terbangkan Paket Rudal Brimstone 2 ke Ukraina

Inggris mengirimkan bantuan rudal Brimstone 2 ke Ukraina menggunakan pesawat transport Royal Air Force ke lapangan terbang tujuan yang dirahasiakan.

MezhaMedia
Rudal Brimstone dipasang di sayap jet tepur Tornado G4. Rudal ini diproduksi perusahaan MBDK Inggris dan digunakan secara luas sebagai rudal udara ke darat menyasar target tank dan ranpur lapis baja. 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Kementerian Pertahanan Inggris mengkonfirmasi pengiriman peluru kendali (rudal) Brimstone 2 ke Ukraina.

Rudal ini berpemandu laser dan diyakini akan menjadi senjata mematikan paling canggih yang digunakan di perang Rusia-Ukraina.

Negara barat pendukung Ukraina dan NATO mengabaikan peringatan berulang kali Moskow tentang risiko konflik langsung antara NATO dan Rusia.

Konfirmasi Kemenhan Inggris muncul di postingan akun Twitter Ministry of Defence (MoD) (terverifikasi), Minggu (27/11/2022).  

Postingan itu dilampiri video pendek menggambarkan proses pengiriman paket rudal Brimstone ke pesawat angkut militer Inggris.

Paket rudal presisi yang dikemas dalam kontainer kayu itu dikirim dari pangkalan Royal Air Force Brize Norton di Oxfordshire, ke lapangan terbang tujuan yang dirahasiakan.

Baca juga: Gudang Senjata Ukraina Hancur Lebur Dihajar Rudal Rusia, Ribuan Alat Perang Kiriman Barat Rusak

Baca juga: 142 HIMARS dan M270 MLRS Telah Sampai di Kiev, Ukraina Bertekad Hancurkan Jembatan Krimea

Baca juga: Kecanggihan Mikro Drone Black Hornet Kiriman Inggris, Ukraina Bisa Intai Rusia Tanpa Terdeteksi

Rudal-rudal itu adalah bagian dari "paket bantuan" Inggris untuk Ukraina. Laporan media sebelumnya menyebutkan pengiriman semacam itu berlangsung selama beberapa waktu.

“Bantuan ini telah memainkan peran penting dalam menghambat kemajuan Rusia,” tulis Kemenhan Inggris di twetnya.

Inggris mulai memasok versi sebelumnya dari rudal Brimstone ke Ukraina musim semi lalu. Brimstone 2 jauh lebih maju dari pendahulunya, tiga kali lipat kemampuannya.

Rudal ini dirancang ditembakkan dari pesawat terbang untuk menyerang target di darat.

Namun, pasukan darat Ukraina telah memodifikasinya menggunakan dudukan peluncur di truk guna menargetkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang baru menjabat, telah mengumumkan paket bantuan militer baru senilai £50 juta ($60 juta) selama kunjungannya ke Kiev awal bulan ini.

Setiap rudal Brimstone 2 dilaporkan berharga sekitar £175.000. Rudal ini dikembangkan perusahaan MBDA UK khusus untuk Royal Air Force Inggris.

Rudal ini awalnya dirancang untuk melawan formasi massal ranpur musuh, menggunakan pencari radar aktif gelombang milimeter (mmW) untuk memastikan akurasinya.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved