Pola Makan Teratur dan Rajin Olahraga Bukan Jaminan Diet Sukses, Kuncinya di Pikiran

Merasa sudah rajin olahraga dan mengatur pola makan, tapi gagal diet. Semua yang Anda lakukan tak membuahkan hasil untuk turunkan berat badan.

Pola Makan Teratur dan Rajin Olahraga Bukan Jaminan Diet Sukses, Kuncinya di Pikiran
NET
Ilustrasi Perut diet 

TRIBUNNEWS.COM - Merasa sudah rajin olahraga dan mengatur pola makan, tapi gagal diet. Semua yang Anda lakukan tak membuahkan hasil untu menurunkan berat badan.

Selain rajin olahraga dan mengatur pola makan, kekuatan pikiran juga mempengaruhi berhasil tidaknya upaya diet.

Karena itu, jika Anda ingin diet sukses dan berjalan lancar, sebaiknya kenali trik pentingnya dulu. Sebelum diet, bekali diri dan pikiran terlebih dahulu dengan beberapa hal seperti berikut ini.

1. Semakin sedikit jenis makanan di piring, semakin sedikit porsi makan

Selain dianjurkan untuk membatasi jumlah makanan setiap harinya ketika sedang diet, Anda juga tidak disarankan untuk mengambil berbagai jenis makanan ke dalam piring makan.

Baca: Kegemukan? Ini Kebiasaan Ibu Rumah Tangga yang Bikin Gagal Diet

Karena nyatanya semakin banyak variasi makanan yang ada di piring, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk melahap banyak makanan.

Dijelaskan oleh Dr. David Katz, selaku peneliti pada bidang makanan di Yale University, Amerika Serikat, bahwa adanya beragam rasa dalam sekali makan dapat merangsang bagian hipotalamus otak untuk memproduksi neuropeptida Y.

Senyawa ini bertugas untuk meningkatkan nafsu makan. Jadi, mulai sekarang coba batasi pilihan makanan apa saja yang sekiranya cukup untuk sekali makan.

2. Membayangkan sedang makan suatu makanan yang diidamkan

Sebuah penelitian dari Carneige Mellon University, mengungkapkan bahwa berpikir terus-menerus saat sedang mengidam suatu makanan tertentu ternyata memiliki manfaat baik.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved