TRIBUNNEWSWIKI - Mengenal RSUP Persahabatan, Lokasi Rujukan Pasien Virus Corona di Jakarta Timur

Rumah sakit yang didirikan di lahan seluas 134.521 m2 ini sekarang berstatus sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit pernapasan

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas berjaga di depan ruang isolasi Gedung Pinere RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menerima total 31 pasien dengan status dalam pemantauan dan pengawasan berkaitan dengan virus Covid-19 atau virus Corona dan saat ini masih diobservasi secara intensif. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, disingkat RSUP Persahabatan, tetapi biasa disebut RS Persahabatan atau RSP, adalah rumah sakit umum kelas A milik pemerintah yang terletak di Jakarta Timur, Indonesia.

RS Persahabatan dibangun atas kerja sama pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet yang diresmikan pada tanggal 7 November 1963, bertepatan dengan peringatan 46 tahun Revolusi Oktober.

Rumah sakit yang didirikan di lahan seluas 134.521 m2 ini sekarang berstatus sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit pernapasan.

Periode I (1963 - 1975)

Pada periode awal ini RS Persahabatan merupakan rumah sakit cabang (satelit) dari RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Tenaga-tenaga medis yang bekerja di RS Persahabatan pada periode ini terdiri atas dokter ahli (spesialis) dan para dokter asisten dari RSCM-FKUI dan dokter ahli dari Rusia.

Setelah peristiwa G30SPKI, sesuai kebijakan Orde Baru, semua tenaga dokter ahli dari Rusia dikembalikan ke negaranya.

BACA SELENGKAPNYA>>>

Berita Populer
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved