Breaking News:

Dokter Rekomendasikan Salep untuk Sembuhkan Luka Bakar

Salep punya kandungaan yang dapat mempercepat proses pembentukan jaringan baru pada luka sehingga luka dapat tertutup dengan cepat.

advancedtissue.com
Ilustrasi luka bakar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter kerap merekomendasikan pemberian salep untuk proses penyembuhan luka bakar, lecet, luka sobek.

Salep punya kandungaan yang dapat mempercepat proses pembentukan jaringan baru pada luka sehingga luka dapat tertutup dengan cepat.

Selain itu, Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dr. Indri Aulia, Sp.BP-RE(k) menjelaskan salep bertujuan untuk membuat lembap di sekitaran luka.

Kondisi sekitar luka yang lembap faktanya bisa mempercepat luka tertutup dan sembuh sekaligus menghilangkan sedikit bekas-bekasnya.

Baca: Oleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar, Kata Dokter Spesialis Bedah Plastik Dampaknya Malah Lebih Parah

"Luka harus lembap karena dalam kondisi lembap prosesnya akan lebih baik karena makamya kasih salep buat lembab," ucap dr. Indri Aulia saat live bersama RSUI, Jumat (28/9/2020)

Dr. Indri menegaskan kondisi yang disarankan lembap bukan basah jadi kalau luka masih basah atau muncul nanah sebaiknya di bantu dengan penggunan kasa.

"Kalau basah dikasih kasa supaya dia nyerap cairan supaya gak terlalu basah dan becek jadi lembap," kata dr. Indri.

Kemudian supaya cepat sembuh saat baru terjadi luka memang sebaiknya tidak banyak menggunakan sendi-sendi di sekitaran luka supaya luka cepat pulih.

Semakin besar jenis luka maka persendian juga harus semakin diminimalisir penggunaanya, bisa sampai tiga minggu melakukan gerakan dengan sangat pelan-pelan bahkan hingga berbulan-bulan.

"Bekas luka atau ada luka jahit itu kan sel baru mulai tertutup mininalkan pergerakan selama tiga minggu bisa dibantu juga dengan di plester," pungkas dr. Indri Aulia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved