Breaking News:

Trik Mengatasi Dermatitis Atopik Seperti yang Dialami Bayi Mona Ratuliu, Jauhkan Penggunaan Pewangi

Mona Ratuliu baru-baru ini membagikan cerita tentang anak keempatnya Numa Kamala Srikandi yang kulitnya mengalami kemerahan dan berair.

Instagram @monaratuliu
Mona Ratuliu 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Mona Ratuliu baru-baru ini membagikan cerita tentang anak keempatnya Numa Kamala Srikandi yang kulitnya mengalami kemerahan dan berair.

Mona mengatakan anaknya mengalami masalah kulit dermatitis atopik akibat alergi.

Mona pun mengurangi asupan yang sering memicu alergi seperti seafood, telur, produk susu dan keju supaya Numa tidak terkontaminasi dari ASI yang diberikan.

Lalu bagaimana menangani masalah dermatitis atopik pada bayi?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Sonia Hanifati, SpDV menjelaskan masalah dermatitis atopik ini terjadi karena faktor genetik atau keturunan.

Dermatitis atopik ada yang menyerang saluran pernapasan, saluran pencernaan, tapi kebanyakan efeknya muncul pada kulit yakni munculnya masalah eksim.

Baca: Penyebab Putri Mona Ratuliu Alami Dermatitis Atopik Bruntusan Merah, Ini Kondisi Terkini

Baca: Mama Jangan Panik, Ini Cara Membedakan Batuk Karena Alergi dan Covid-19 Pada Anak

"Bakat dermatitis atopik ini memang diturunkan namun apakah bentuknya alergi di kulit atau saluran napas seperti asma, masalah cerna beda-beda tiap anak," ungkap dr. Sonia saat webinar dengan Klinik Bamed beberapa waktu lalu.

Jika efeknya pada kulit bisa diredakan dengan treatment sederhana yakni menjaga kelembapan kulit anak menggunakan pelembap khusus untuk bayi.

Pilih pelembap untuk bayi yang tidak mengandung pewangi untuk mencegah kandungan kimia berlebih pada kulit anak.

"Sebenarnya perawatan paling wajib adalah pelembap yang tidak pakai pewangi. Harus ekstrak pelembap karena dari awal kelembapan alami lebih sedikit dibanding orang yang kulitnya tidak sensitif," kata dr. Sonia.

Hindari juga penggunaan pewangi atau pelembut untuk mencuci baju bayi yang mengalami dermatitis atopik.

"Baju bayi cukup dicuci pakai deterjen, jangan ditambahin yang namanya pewangi atau pelembut," kata dr. Sonia.

Terakhir, untuk bayi yang mengalami masalah eksim hindari penggunaan minyak-minyak oles untuk bayi seperti minyak telon karena bisa menambah iritasi kulit.

"Jangan pakaikan bayi dengan kondisi eksim minyak-minyakan karena punya risiko iritasi dan kekambuhan. Jadi, pakaikan saja lotion pelembap," ungkap dr. Sonia.
--

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved