Breaking News:

Hasil Penelitian, Air Hidrogen Efektif Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 

Gas hidrogen memiliki kualitas terapeutik dalam pengobatan kondisi peradangan kronis pada paru-paru.

Dok LiveWell Global
Ilustrasi inhalasi hidrogen. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbagai laporan menunjukkan air hidrogen memiliki kualitas terapeutik dalam pengobatan kondisi paru-paru inflamasi kronis.

Oleh karenanya memungkinkan dapat membantu meringankan gejala paru-paru yang parah dari Covid-19.

Laporan tertulis ini dirangkum pada berbagai jurnal penelitian mengenai air hidrogen untuk bantu pemulihan pasien positif Covid-19.

Misalnya pada jurnal yang berjudul “An overview of SARS-CoV-2 (COVID-19) Infection and the Importance of Molecular Hydrogen as an Adjunctive Therapy” yang diterbitkan pada Juli 2020 di laman uwe-repository.worktribe.com, University of the West of England.

Ulasan penelitian tersebut ditulis oleh beberapa penulis, di antaranya Profesor John Hancock, Profesor Pensinyalan Sel, Departemen Falkutas Kesehatan dan Ilmu Terapan, University of the West of England; Tyler W. LeBaron, Pendiri dan Direktur Eksekutif Molecular Hydrogen Institute; dan David Veal, Dosen Utama Genetika, University of the West of England.

Dalam ulasan tersebut, penulis berpendapat bahwa air hidrogen dapat memberikan pengobatan tambahan yang efektif untuk penghirupan oksigen dalam pengobatan pasien Covid-19.

Para penulis menyatakan, gas hidrogen memiliki kualitas terapeutik dalam pengobatan kondisi peradangan kronis pada paru-paru dan memungkinkan penggunaannya dapat meringankan gejala paru-paru yang parah.

Baca juga: Sifat Antiinflamasi Air Hidrogen, Bisa Bantu Pemulihan Anosmia

Penggunaan inhalasi hidrogen dan oksigen untuk pemulihan pasien Covid-19 pun sudah dilakukan di beberapa rumah sakit Tiongkok.

Hal ini dijelaskan oleh Dr. Zhong Nanshan, Ahli Epidemologi dan Penasihat Medis Senior Covid-19 Pemerintah Tiongkok dalam wawancara dengan televisi berita Tiongkok, CGTN TV, April 2020.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved