Breaking News:

Ancaman Diabetes Juga Dihadapi Anak-anak Indonesia, Didominasi Remaja dan Usia 5 hingga 6 Tahun

Prevalensi Diabetes Melitus pada anak di Indonesia terus meningkat, didominasi remaja berusia 10-12 tahun serta anak berusia 5-6 tahun.

diabetes.co.uk
Ilustrasi diabetes 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ancaman diabetes tidak hanya dihadapi oleh kelompok usia dewasa, tapi juga anak-anak.

Mewakili Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Muhammad Faizi, Sp.A(K) menyebutkan prevalensi Diabetes Melitus pada anak di Indonesia terus meningkat, didominasi remaja berusia 10-12 tahun serta anak berusia 5-6 tahun.

“Populasi anak-anak diabetes itu banyak di Indonesia Bagian Barat, yang Timur sedikit,” kata dia, dalam temu media Hari Diabetes 2021.

Baca juga: Penderita Diabetes Boleh Berpuasa, Tapi Perhatikan Dua Hal Ini Ya

Baca juga: Penyebab Diabetes Tipe 1 dan 2 Beda, Bagaimana Pengobatannya?

dr. Faizi menuturkan agar kadar gula darah terkontrol, merujuk pada 5 pilar dapat dilakukan dengan suntikan insulin, monitoring kadar gula darah, pemberian nutrisi, aktivitas fisik serta edukasi seumur hidup.

Pengendalian Diabetes di Indonesia masih menjadi tantangan besar, lantaran pasien sering kali terlambat mengetahui penyakit DM.

Sehingga, sering ditemukan pada tahap lanjut atau sudah disertai dengan komplikasi, seperti serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat yang dapat mengakibatkan kecacatan sampai kematian dini.

“Masalah kita adalah awareness kita tentang Diabetes Militus tipe 1, sehingga banyak pasien-pasien yang datang terlambat,” ucapnya.

*Kontrol Berat Badan*

Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved