Breaking News:

Penanganan Covid

Kemenkes Sebut Yoga Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Terbukti Membantu Pasien Covid-19

Di tengah pandemi saat ini, yoga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

ist
Olahraga yoga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah dipraktikkan sejak lama, yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari India. Dimana, olahraga ini tidak hanya berfokus pada tubuh saja.

Namun juga pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga ini terus mengalami adaptasi ke dalam berbagai variasi.

Kata Yoga secara harfiah berarti kesatuan yang artinya secara sadar melenyapkan batas-batas individual.

Dengan tujuan dapat membangun tubuh yang tangguh dan pikiran yang seimbang dan bersemangat secara mental.

Mengingat dampak yang cukup baik yang ditimbulkan dari olahraga ini, Kementerian Kesehatan RI mengajak masyarakat untuk menerapkan yoga di tengah Pandemi Covid-19.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional ke-7, Isha Foundation bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar India menggelar kegiatan Yoga For Immunity & Wellbeing secara daring, Minggu (19/6/2021).

Baca juga: Manfaat Face Yoga Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Dalam sambutannya, Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg Kartini Rustandi M Kes menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, agar tetap sehat di masa pandemi Covid-19 ini.

Dia mengatakan yoga sudah cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. Apalagi di tengah pandemi saat ini, menurutnya yoga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

"Yoga menyatukan aktivitas fisik dan meditasi juga teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, olah tubuh. Tujuannya untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh kita," ungkapnya secara daring, Minggu (19/6/2021).

Menurutnya, yoga telah banyak terbukti membantu masyarakat, pasien dan penyintas Covid-19, baik dari sisi kesehatan fisik dan mental.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved