Pencegahan Anemia: Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi hingga Pastikan Kecukupan Vitamin C

Berikut ini cara pencegahan penyakit anemia, mulai dari mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C hingga minum air putih yang cukup.

FamilyDoctor.org
Anemia - Berikut ini cara pencegahan penyakit anemia, mulai dari mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C hingga minum air putih yang cukup. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini informasi mengenai pencegahan penyakit anemia.

Anemia adalah suatu kondisi yang berkembang ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal, dikutip dari Everyday Health

Kondisi ini sering dikaitkan dengan kelelahan dan lemah.

Terdapat beberapa jenis anemia, yakni anemia defisiensi besi, anemia aplastik, anemia sel sabit, anemia pernisiosa, dan anemia penyakit kronis.

Gejala umum anemia di antaranya kelelahan, nyeri dada, detak jantung cepat, sesak napas, sakit kepala, pusing, dan kehilangan nafsu makan.

Adapun cara untuk mencegah anemia antara lain dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C dan minum air putih yang cukup.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Anemia, Bisa Menyerang Balita sampai Lansia

Selengkapnya, berikut ini cara pencegahan penyakit anemia yang Tribunnews.com rangkum dari berbagai sumber:

Pencegahan Anemia

Pencegahan anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12 dan kekurangan vitamin B9 dapat dilakukan dengan makan yang baik, dikutip dari Cleveland Clinic.

Hal tersebut termasuk makan makanan yang menyediakan zat besi dan vitamin serta sumber makanan vitamin C untuk membantu penyerapan.

Selain itu, pastikan juga minum air yang cukup.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa langkah pencegahan tersebut akan membantu menjaga kadar hemoglobin tetap tinggi.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Anemia, Bisa Menyerang Balita sampai Lansia

Sementara itu, dikutip Tribunnews.com dari Everyday Health, jenis anemia defisiensi besi dapat dicegah dengan metode berikut: 

- Mengobati kehilangan darah/ minum penambah darah

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved