Cuka dan Apel Bukan Cuma Bikin Rambut Lebih Kemilau Plus Bebas Ketombe

Meski aroma asamnya menusuk hidung, manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama.

Cuka dan Apel Bukan Cuma Bikin Rambut Lebih Kemilau Plus Bebas Ketombe
IST

TRIBUNNEWS.COM – Meski aroma asamnya menusuk hidung, manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama.

Selain bisa membantu mengatasi masalah hipertensi dan memperkuat imunitas tubuh, kandungan vitamin dan mineral dalam cukap apel juga mampu menyehatkan kulit, mulai dari mencegah jerawat hingga mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Berikut berbagai manfaat cuka apel.

Menenangkan kulit

Tambahkan delapan ons cuka apel ke dalam bak mandi berisi air hangat dan berendamlah di dalamnya selama 15 menit. Kadar pH cuka apel ini mirip dengan kadar pH pelindung asam lapisan kulit, sehingga berandam dalam campuran cuka apel akan membantu mengembalikan keseimbangan kulit.

Pembersih wajah

Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan dua cangkir air. Basahi kapas dan usapkan campuran tersebut pada wajah yang bersih dan kering untuk mengencangkan kulit. Setelah itu jangan dibilas. Tenang, aroma asamnya akan menghilang dengan cepat. Cuka apel mengandung alpha –hydroxy acids alami dan asam asetat yang akan merangsang sirkulasi dan memperkecil pori-pori.

Membuat rambut lebih berkilau

Campur dua sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air. Setelah menggunakan shampoo dan membilasnya, gunakan air campuran cuka apel di kepala, kemudian bilas hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan kondisioner. Asam asetat dalam cuka apael akan membersihkan penumpukan residu dari produk pencuci rambut dan akan membuat rambut lebih berkilau.

Menyembuhkan kulit terbakar

Campurkan setengah cup cuka apel dengan empat gelas air. Gunakan kain untuk mengompres bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Penggunaan cuka apel akan membantu menurunkan kadar pH kulit, mempercepat penyembuhan dan mencegah kulit melepuh.

Halaman
12
Tags
ketombe
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved