Breaking News:

FOMO (Fear of Missing Out) Bisa Bikin Stres, Mengapa?

Ada keinginan menjadi seperti mereka, takut ketinggalan, merasa aktivitas tersebut perlu dilakukan, Inilah yang disebut FOMO (Fear of Missing Out).

iStock
ilustrasi stres karena uang 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

TRIBUNNEWS.COM - Tak sedikit orang yang hanya ikut-ikutan. Misalnya, ikutan pengin bersepeda, hingga akhirnya membeli sepeda untuk melampiaskan hobi baru. 

Ada pula yang mendadak hobi bercocok tanam karena memang mengikuti tren. Bahkan rela beli madu kekinian hanya karena lagi hits.

Kadang, untuk itu, kita sampai menguras duit tabungan. Apalagi barang-barang tersebut sebenernya bukan kebutuhan primer.

Hanya karena melihat teman update Instagram stories, maka muncul keinginan menggeluti hobi yang sama karena terkesan memang menyenangkan.

Ada keinginan menjadi seperti mereka, takut ketinggalan, dan merasa aktivitas tersebut perlu dilakukan, Inilah yang disebut FOMO (Fear of Missing Out).

Growth Manager Super You, Antonius Tan mengatakan, membeli tanaman dan mengonsumsi madu kekinian sebenarnya boleh saja, asal dengan perhitungan.

Baca juga: Ambil Peran Jadi Mentor, Marc Marquez Tak Berharap Adiknya Naik Podium MotoGP

Karena, menurut dia, kebiasaan yang awalnya terlihat sepele, dapat menjadi salah satu “bocor halus” yang akan mengganggu keuangan. 

"Anggap saja setiap membeli tanaman atau madu, setidaknya menghabiskan hampir Rp500 ribuan/bulan. Madu dan tanaman hanya contoh saja karena masih banyak keinginan lain yang jika disusun berdasarkan urutan pentingnya, bisa jadi hampir semua yang tadinya terasa seperti kebutuhan, ternyata hanya keinginan sesaat," ujar Antonius.

Baca juga: Lawan Stres, Ini 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan

Menurutnya, milenial perlu menerapkan disiplin finansial sejak muda. Dimulai dari menyusun anggaran keuangan dan disiplin dilakukan setiap bulan demi mengontrol pendapatan yang diperoleh. 

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved