Anies Resmikan Tower Pertama Program DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa

Secara simbolis, dilakukan serah terima kunci hunian kepada 50 calon penghuni dari gelombang pertama.

Anies Resmikan Tower Pertama Program DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (31/8) siang, resmikan tower Samawa alias tower pertama dari program Rumah DP 0 Rupiah. Lokasinya ada di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Secara simbolis, dilakukan serah terima kunci hunian kepada 50 calon penghuni dari gelombang pertama.

Anies menyebut, masalah mendasar yang ada di Jakarta ialah soal hunian. Nyaris 50 persen penduduk Ibu Kota mengontrak karena tak punya rumah sendiri.

Sedangkan dari tahun ke tahun, nilai properti di Jakarta meningkat signifikan.

"Di antara semua kota di Indonesia, Jakarta merupakan tempat dimana bila kita memiliki properti maka peningkatannya sangat signifikan," kata Anies dalam sambutannya di lokasi, Sabtu (31/8/2019).

Baca: Fadli Zon: Ungkap Saja Jika Ada Penunggang Gejolak di Papua

Lewat semangat itu, Pemprov DKI membuat program DP 0 Rupiah. Samawa dipilih sebagai nama tower karena bermakna solusi perumahan warga, sekaligus menjelaskan bahwa yang bisa mengikuti program ini hanya mereka yang telah menikah.

"Mulailah tinggal di tempat ini. Kenapa diberi nama SAMAWA? Memang betul ini Solusi Perumahan Warga. Tapi nama itu pun membawa pesan bahwa yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang sudah menikah," jelas Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto menjelaskan Program Samawa adalah upaya Pemprov DKI mengatasi masalah kepemilikan rumah warganya.

"Developer dan Lembaga pembiayaan diharapkan ikut serta dalam program ini, silakan bangun unitnya dan kolaborasikan dengan Pemprov DKI," ungkapnya.

Adapun dalam acara peresmian ini, hadir 500 undangan dari berbagai elemen, baik masyarakat, lembaga pemerintah maupun asosiasi.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved