Demo Tolak RUU KUHP dan UU KPK

Kejanggalan di Balik Meninggalnya Akbar Alamsyah, Kontras: Itu Semua Harus Diungkap

"Saya sejak awal mendukung ada semacam tim independen, yang bisa melakukan pengungkapan atau pengumpulan fakta terhadap penanganan aksi," katanya

Kejanggalan di Balik Meninggalnya Akbar Alamsyah, Kontras: Itu Semua Harus Diungkap
KOMPAS.COM/WALDA MARISON
Ibunda Akbar Alamsyah, Rosminah menangis histeris usai menghadiri pemakaman anaknya di makam tanah wakaf Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Independen diperlukan untuk mengungkap fakta-fakta terhadap penanganan aksi demonstrasi yang berlangsung di kawasan DPR RI beberapa waktu silam, salah satunya pengungkapan kasus Akbar Alamsyah.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Koalisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Yati Andriyani usai melayat ke kediaman Akbar Alamsyah (19), salah satu korban yang tewas usai kerusuhan demo di Kawasan DPR beberapa waktu lalu.

Namun, informasi tak bisa hanya berasal dari klaim sepihak saja.

 Merasa Ada yang Janggal dari Kematian Akbar Alamsyah saat Demo, Keluarga Berharap Bantuan Hukum

"Saya sejak awal mendukung ada semacam tim independen, yang bisa melakukan pengungkapan atau pengumpulan fakta terhadap penanganan aksi yang terjadi beberapa waktu silam," terangnya pada Jumat (11/10/2019).

Tim Independen itu bertugas untuk mengukur apakah penanganan sudah sesuai prosedur atau ditemukan pelanggaran.

Bila ditemukan korban dari peristiwa itu, apakah berasal dari kesalahan prosedur atau hal lain.

"Itu semua harus diungkap, harus diuji karena itu penting. Memang ada tim Independen di luar kepolisian untuk mengungkap itu," bebernya.

 Cari Lowongan Kerja? Datangi Bursa Kerja di Balai Kartini Jakarta Pekan Depan, Ada 150 Perusahaan

Yati kemudian mengatakan bahwa pihak kepolisian wajib menjelaskan secara terbuka terkait jatuhnya korban jiwa, luka-luka, hingga kritis.

Pengungkapan secara terang-terangan itu tak hanya di Jakarta melainkan wilayah lain yang terlibat konflik. (Satrio Sarwo Trengginas)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: KontraS Dukung Tim Independen Ungkap Kasus Kematian Akbar Alamsyah yang Demo DPR

Komnas HAM bentuk tim

Halaman
1234
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved