Breaking News:

Banjir di Jakarta

Kementan Salurkan 11 Truk Sembako untuk Korban Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ke-11 truk sembako milik Kementan tersebut nantinya akan disebar ke titik-titik evakuasi korban banjir

Lusius Genik
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kelurahan Cilincing, Kalibaru, Jakarta Utara, Sabtu (4/1/2020). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian menyalurkan 11 truk bantuan sembako untuk korban banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ke-11 truk sembako milik Kementan tersebut nantinya akan disebar ke titik-titik evakuasi korban banjir di wilayah Jakarta hingga Tangerang.

"4 truk untuk Jakut, Tangsel 3 truk, Jaktim 2 truk, Jaksel 1 truk, Jakbar 1 truk. Kita tetap satu rakyat, satu bangsa, satu persaudaraan, apalagi dalam musibah sekalipun," katanya di dalam acara seremonial penyerahan bantuan di kelurahan Cilincing, Kalibaru, Jakarta Utara, Sabtu (4/1/2020).

Baca: Update BNPB: Korban Meninggal Dunia Banjir Jabodetabek Sekitarnya 53 Orang dan 1 Hilang

Syahrul mengungkapkan, pemberian bantuan sembako untuk korban banjir ini menyusul instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar semua kantor kementerian terlibat dalam memberikan bantuan untuk korban banjir.

Cilincing sendiri dikatakannya menjadi lokasi peresmian peluncuran 11 truk sembako Kementan atas saran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Yang arahkan saya ke utara, Pak Anies (Anies Baswedan)," ujar Syahrul.

Baca: Update Pengungsi Banjir Jakarta: 6.672 Jiwa, Terbanyak di Jakarta Barat

Diketahui, Cilincing menjadi salah satu daerah terkena dampak banjir di Jakarta.

Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra mengungkapkan sebanyak 17 dari 31 kelurahan di Jakarta Utara yang diterjang banjir pascahujan deras mengguyur wilayah Jakarta beberapa hari terakhir ini.

Selain itu, lima dari tujuh kelurahan di Kecamatan Cilincing juga terjadi banjir.

Baca: Mentan Turun Langsung Beri Bantuan 2.699 Korban Banjir di Cilincing

Hingga saat ini, satu dari lima kelurahan tersebut masih tergenang banjir dan menunggu surut, yaitu di Kelurahan Rorotan.

Akibat kejadian ini, kata dia, sebanyak 2.699 masyarakat Cilincing pun terpaksa mengungsi. "Jadi ini (penanganan korban) butuh kolaborasi, tak hanya di masyarakat, tapi juga di pemerintah," kata dia.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved