Breaking News:

Ramadan 2017

Cuaca di Jabodetabek Dikhawatirkan Tidak Mendukung Untuk Melihat Hilal

Hilal yang muncul sesaat setelah matahari tenggelam itu, tidak bisa terlihat jika langit tertutup.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas Tim Hisab OIF UMSU meneropong posisi hilal (bulan) saat dilakukan rukyatul hilal di Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Jumat (26/5/2017). Kegiatan tersebut dilakukan guna menentukan awal Ramadan 1438 Hijriah. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencananya, besok, Sabtu (25/6) pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan hari raya Idul Fitri.

Dalam sidang tersebut antara lain akan dibahas hasil observasi terhadap hilal, atau penampakan bulan sabit muda, yang menandakan bulan baru dalam kalender Islam.

Hilal tersebut di lihat dari sejumlah titik di sejumlah wilayah di Indonesia, dengan menggunakan sejumlah peralatan.

Hilal yang muncul sesaat setelah matahari tenggelam itu, tidak bisa terlihat jika langit tertutup.

Deputi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Yunus Subagyo Swarinoto, saat dihubungi Tribunnews, menyebut ada kemungkinan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek), cuacanya kurang baik untuk melihat hilal.

"Pascamusim kemarau ada dua kendala, satu, ya awan, ini fungsi ketebalan butir-butir basah uap air dalam udara. Kedua udara kabur, penyebab partikel kering di atmosfer," katanya.

Hal itu menurutnya akan mengganggu visibilitas dari para petugas yang bertanggungjawab melihat hilal.

Menurut Yunus Subagyo Swarinoto, cuaca tiga jam sebelum matahari tenggelam akan sangat menentukan kesuksesan hilal.

Prediksi BMKG sebagian besar wlayah Jabodetabek akan diguyur hujan pada siang hari. Hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur Bogor dan Bekasi.

Sementara itu hujan ringan mengguyur Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Hujan lokal terjadi di Depok, Tagerang dan Jakarta Selatan. Sementara Kepulauan Seribu cerah berawan, dan Jakarta Utara berawan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved