Kasus Suap di Kementerian Agama

Korupsi-Korupsi di Pusaran Kementerian Agama

Bukan kali ini saja, Kementerian yang bermoto Ikhlas Beramal ini menjadi sorotan kasus korupsi, tercatat sebelumnya ada tiga kasus besar.

Korupsi-Korupsi di Pusaran Kementerian Agama
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penyidik KPK disaksikan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menunjukkan barang bukti operasi tangkap tangan (OTT) Ketua Umumm PPP Romahurmuziy, di gedung KPK Jakarta, Sabtu (16/3/2019). KPK menetapkan tiga tersangka terkait OTT dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) dengan barang bukti uang Rp 156 juta. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Agama kembali menjadi sorotan sejak sepekan ini, kala Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy terlibat kasus suap jual beli jabatan di kantor Kementerian Agama Jawa Timur, Jumat minggu lalu (15/3/2019).

Sejak Sabtu (16/3/2019), Romy sapaannya ditetapkan sebagai tersangka korupsi dengan menyeret dua nama pejabat Kemenag juga, yakni Haris Hasanuddin, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Agama Jawa Timur, dan Muafaq Wirahadi, Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Gresik.

Keduanya pun telah ditetapkan sebagai tersangka dan diberhentikan sebagai ASN Kemenag.

Bukan kali ini saja, Kementerian yang bermoto Ikhlas Beramal ini menjadi sorotan kasus korupsi, tercatat sebelumnya ada tiga kasus besar.

Baca: Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS

Baca: Berawal Dari Nonton TV, ETW Cabuli Teman Anaknya Hingga Hamil 4 Bulan

Bahkan, dua kasus langsung menyeret Menteri Agama yang menjabat saat itu.

"Kementerian Agama itu seharusnya menjadi kementerian yang paling bersih dan harus menjadi contoh, bahkan bagi KPK sendiri. Kita berharap ke Pak Menteri untuk memperbaiki sisten tata kelola di Kementerian Agama itu agar tidak terulang," ucap Laode Ida Syarif di Gedung Penunjang KPK Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Berikut kasus korupsi di pusaran Kementerian Agama yang dihimpun dari berbagai sumber :

1. Penyalahgunaan BPIH dan Dana Abadi Umat

Mantan Menteri Agama era Presiden Megawati, Said Agil Husein Al Munawar, divonisi oleh majelis hakim PN Jakarta Pusat pada 2006 silam.

Halaman
1234
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved