Rencana Pemindahan Ibu Kota

Umbas: Rencana Pemindahan Ibu Kota Bukan Hal Sulit Bagi Presiden Jokowi

Kalau Malaysia saja bisa memindahkan ibu kotanya dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya. Brunei Darussalam juga memindahkan Ibu Kota.

Umbas: Rencana Pemindahan Ibu Kota Bukan Hal Sulit Bagi Presiden Jokowi
Tribunnews.com
Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin, Michael Umbas (paling kanan) berbicara dalam diskusi yang digelar Arus Bawah Jokowi bertema “Memindahkan Ibu Kota: Ide Bung Karno dan Implementasi Jokowi” di Jakarta, Selasa (14/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana pemindahan Ibu Kota Jakarta bukanlah hal yang sulit bagi Presiden Jokowi.

Sebab Jokowi adalah pemimpin visioner. Pemimpin yang punya kemampuan berpikir jauh ke depan, sekaligus mampu merealisasikannya.

Demikian dikemukakan Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin, Michael Umbas, dalam diskusi yang digelar Arus Bawah Jokowi bertema “Memindahkan Ibu Kota: Ide Bung Karno dan Implementasi Jokowi” di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

"Banyak hal yang sudah diwujudkan Presiden Jokowi. Misalnya berhasil mengulang sukses Bung Karno menggelar Asian Games yang sangat prestisius di mata Internasional. Kemudian infrastruktur dibangun merata di semua daerah, baik jalan tol, tol laut, hingga jalan desa, irigasi, bendungan, banyak sekali," ujar Umbas.

"Presiden Jokowi juga merealisasikan MRT di Jakarta yang idenya sudah sejak zaman Soeharto, namun baru terealisasi era Jokowi, sehingga Indonesia sudah seperti negara maju," kata Umbas melanjutkan.

Baca: Pemindahan Ibu Kota Negara Buka Kesempatan Bagi Jakarta Perbanyak Ruang Terbuka Hijau

Dia mengatakan ketika Jokowi membahas gagasan besar untuk memindahkan ibu kota Jakarta, banyak yang memberi tanggapi nyinyir dan utopis.

"Misalnya ada yang menyebut rencana penindahan ibu kota hanya buntut kekecewaan karena Ahok kalah dalam Pilkada di DKI," ujarnya.

Ada juga yang memganggap itu hanya sebagai pengalihan isu di tengah sengketa pemilu 2019.

"Padahal pemindahan ibu kota tak serendah dan sekecil anggapan mereka itu. Gagasan Pak Jokowi itu untuk kepentingan jangka panjang seluruh rakyat Indonesia," kata Umbas.

Ditegaskan bahwa memindahkan ibu kota juga membuktikan bahwa pemerataan pembangunan bukan sebatas wacana politik.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved