Kongres PDI Perjuangan

Trisakti Bung Karno Sangat Relevan Bagi Milenial Indonesia

Prinsip Trisakti yang diajarkan oleh Bung Karno masih relevan dan justru penting untuk dipahami oleh para generasi muda milenial

Trisakti Bung Karno Sangat Relevan Bagi Milenial Indonesia
Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com
Politisi PDIP Adian Napitupulu bersama Politisi PDIP Masinton Pasaribu diskusi 'demokrasi arus bawah' yang digelar disela Kongres V DPP PDI Perjuangan, di Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Prinsip Trisakti yang diajarkan oleh Bung Karno masih relevan dan justru penting untuk dipahami oleh para generasi muda milenial dalam menghadapi berbagai tantangan global dewasa ini.

Sementara PDI Perjuangan bisa menjadi kendaraan politik bagi generasi muda milenial dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia.

Hal itu merupakan salah satu menjadi bahan diskusi 'demokrasi arus bawah' yang digelar disela Kongres V DPP PDI Perjuangan, di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2019).

Diskusi itu berangkat dari pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang memotret tantangan yang dihadapi oleh generasi milenial.

Baca: Sebut Thalia Dibisiki Sosok Ini Tabrak Sarwendah Tan Sampai Meninggal, Ruben Onsu: Kok Jadi ke Anak

Selain tantangan perekonomian, yang dihadapi juga adalah masalah lainnya seperti radikalisme.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu, yang menjadi pembicara, mengatakan hal tersebut menjadi salah satu alasan partainya melaksanakan Kongres V ini.

Para peserta mendiskusikan, merumuskan, serta merekomendasikan instrumen apa yang bisa dipakai oleh Pemerintahan Jokowi dalam menghadapi tantangan dimaksud.

Pada titik itu, prinsip Trisakti kemudian mengemuka dan sangat relevan untuk terus dipahami dan diwujudnyatakan oleh generasi milenial dalam menghadapi tantangan yang ada. Trisakti adalah kedaulatan politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Baca: 5 Lokasi Game PUBG yang Benar-benar Bisa Dikunjungi di Dunia Nyata

"Muncul gerakan ekstrim. Liberalisasi ekonomi yang tidak menciptakan keadilan. Indonesia yang ber-Trisakti ini relevan dalam menghadapi tantangan ini," kata Masinton.

Masinton menilai, sangat tak tepat bila ada suara yang menyebut Indonesia sebaiknya kembali ke era Orde Baru untuk bisa menjawab tantangan global yang aktual. Justru Trisakti adalah konsep yang masih bisa terus digunakan.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved