Jika Nadiem, Erick dan Wishnutama Masuk Kabinet, Digital dan Industri Bisa Saling Support

3 nama yakni Erick Thohir, Nadiem Makarim dan Wishnutama disebut akan membawa 'angin segar' dalam pertumbuhan sektor ekonomi digital.

Jika Nadiem, Erick dan Wishnutama Masuk Kabinet, Digital dan Industri Bisa Saling Support
Instagram @wishnutama
Wishnutama, Erick Thohir dan Presiden Jokowi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti INDEF Bhima Yudhistira menyoroti nama-nama yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kursi menteri dalam kabinet pemerintahannya di periode kedua.

3 nama yakni Erick Thohir, Nadiem Makarim dan Wishnutama disebut akan membawa 'angin segar' dalam pertumbuhan sektor ekonomi digital.

Apalagi penggunaan teknologi digital juga telah menyasar sektor pertanian dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Pengembangan ekonomi digital seperti e-commerce dan fintech yang lebih meluas dan menyasar hingga ke sektor lainnya diyakini mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Baca: Janji Jokowi Periode ke-2 Kabar Buruk PNS?Ini Tunjangan dan Jabatan Dipangkas, 430ribu PNS Terdampak

Baca: Awal Musim Hujan di Indonesia Terlambat, BMKG Imbau Masyarakat Siapkan Cadangan Air

Baca: Ekspor Skutik Favorit Honda BeAT Catat Capaian Positif, Melonjak hingga 43 Persen

Baca: New Honda Jazz Kembali Membuat Penampilan Dini Menjelang Debut di Tokyo Motor Show 2019

"Sebenarnya sektor digital seperti e-commerce, fintech kan supporting dari industri dan pertanian, jadi paralel pengembangannya," ujar Bhima, dalam pesan singkatnya kepada Tribunnews, Senin (21/10/2019).

Saat ini pertumbuhan e-commerce dan fintech di Indonesia memang bergerak sangat positif.

E-commerce dan fintech memiliki peranan yang saling melengkapi dari segi pendanaan dan proses cepat dalam pasokan di sektor manufaktur.

Oleh karena itu, keberadaan menteri yang paham industri ekonomi digital sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan peluang investasi.

"Misalnya e-commerce didorong untuk memutus rantai pasok yang panjang di sektor manufaktur, pendanaan untuk usaha pertanian bisa dari fintech, jadi tidak jalan sendiri-sendiri, kolaborasi digital dan industri diperlukan," kata Bhima.

DATANG KE ISTANA KEPRESIDENAN -Salah satu pendiri yang juga CEO goJek Nadiem Makarim  usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024. Warta Kota/henry lopulalan
DATANG KE ISTANA KEPRESIDENAN -Salah satu pendiri yang juga CEO goJek Nadiem Makarim usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024. Warta Kota/henry lopulalan (WARTA KOTA/henry lopulalan)
Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved