LSM: Posisi Wakil Panglima TNI Cocoknya Diisi Unsur TNI AL

Sebelumnya Presiden Jokowi meminta penguatan alutsista di tubuh TNI AL untuk menjaga perairan seluruh Indonesia.

LSM: Posisi Wakil Panglima TNI Cocoknya Diisi Unsur TNI AL
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai menunaikan ibadah salat zuhur di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua SETARA Institute, Bonar Tigor Naipospos menyebut posisi wakil panglima TNI yang akan dihidupkan Presiden Joko Widodo cocok diisi unsur TNI Angkatan Laut (AL).

Hal itu menurutnya perlu dilakukan dengan memperhatikan rotasi tiga matra untuk mengisi pimpinan TNI.

“Kalau dilihat dari rotasinya kan panglima TNI berikutnya dari angkatan darat, sehingga lebih baik posisi wakil panglima bisa diisi dari TNI AL,” katanya ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

Bonar juga mempertimbangkan kebutuhan penguatan alutsista (alat utama sistem pertahanan).

Apalagi sebelumnya Presiden Jokowi meminta penguatan alutsista di tubuh TNI AL untuk menjaga perairan seluruh Indonesia.

Sehingga dia menilai unsur TNI AL cocok untuk mengisi wakil panglima TNI.

“Kalau dilihat Jokowi memang memperkuat TNI AL, sehingga wakil panglima TNI memang cocok diisi dari unsur AL,” tegasnya.

Meski demikian dia menilai jabatan wakil panglima TNI yang akan dihidupkan kembali oleh Presiden Joko Widodo tidak terlalu penting.

Menurutnya hal itu dilakukan Jokowi sebagai upaya rencana mengakomodasi perwira tinggi (pati) aktif non-job di tubuh TNI.

“Kalau mau jujur sebenarnya memang tidak terlalu penting karena kalau kita lihat buku putih tantangan pertahanan RI bahwa dalam 20 tahun ke depan kita lebih banyak menghadapi tantangan dari internal, bukan eksternal. Hal itu dilakukan hanya untuk membuka ruang bagi pati TNI aktif yang tidak memiliki jabatan,” pungkasnya.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved