Pemindahan Ibu Kota Negara

Jokowi: Istana Kepresidenan Akan Dibangun di Puncak Perbukitan Sepaku

Istana Kepresidenan di lokasi ibu kota baru akan dibangun di puncak perbukitan di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Jokowi: Istana Kepresidenan Akan Dibangun di Puncak Perbukitan Sepaku
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (dua kiri), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (tiga kiri), dan Mendagri Tito Karnavian (dua kanan) berbincang saat meninjau progres persiapan pembangunan Ibu Kota baru di kawasan Kelurahan Pemaluan, Sepaku, Penajam Paser Utara, Selasa (17/12/2019). Hari ini Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya Tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi jalur penghubung utama menuju Ibu Kota baru RI. TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, SEPAKU - Istana Kepresidenan di lokasi ibu kota baru akan dibangun di puncak perbukitan di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Perbukitan tersebut menjadi bagian kawasan PT ITCI Hutani Manunggal yang merupakan hutan industri.

"Klaster pemerintahan kira-kira dibangun di sana (puncak perbukitan), tempat paling tinggi. Kemudian, Istananya juga di sekitar itu, kementerian juga," kata Jokowi di perbukitan kawasan PT ITCI Hutani Manunggal, Sepaku, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Baca: Inisiator Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Hadiri Peresmian dengan Kursi Roda: Kita Berhasil Membangun

Menurut Jokowi, kawasan perbukitan bukan menjadi masalah dan justru menjadi indah jika nantinya sudah dibangun ibu kota baru.

Bahkan, kata Jokowi, arsitek atau urban planner sangat menyukai kontur perbukitan dalam mendesain sebuah pembangunan.

"Lihat saja nanti, desainernya pasti akan senang sekali," ucapnya.

Baca: Jokowi Sebut Pemindahan Ibu Kota Tak Sekadar Pindah Kantor Pemerintahan: Kami Ingin Ada Transformasi

Jokowi menjelaskan, ibu kota baru nantinya di bangun di atas tanah seluas 56 ribu yang sebelumnya merupakan kawasan hutan industri.

"Ini adalah kawasan hutan industri yang kita ambil dari perusahaan. Artinya kita ingin justru memperbaiki dari lingkungan yang ada ini," ujar Jokowi.

"Sehingga saya sudah perintahkan ke Menteri Perhutanan untuk membangun yang pertama kebun bibit seluas kurang lebih 100 hektare, yang nanti akan ada jutaan bibit di situ," sambung Jokowi.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved