Kisah Bhabinkamtibmas Aipda Zainuddin Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Taman Bermain Layak Anak

Tak sekadar taman bermain, Zainuddin juga menyediakan rumah buku yang diisi dengan ratusan buku atau literatur demi memfasilitasi minat baca anak.

Kisah Bhabinkamtibmas Aipda Zainuddin Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Taman Bermain Layak Anak
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha Candraditya
Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Aipda Zainuddin Renngur saat ditemui di TBLA di Desa Cabi, Kec. Simpang Empat, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (20/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, BANJAR - Tempat pembuangan sampah berukuran 15 x 30 meter di Desa Cabi, Kecamatan Simpang Empat, Banjar, Kalimantan Selatan, berhasil disulap menjadi taman bermain layak anak (TBLA).

Itulah inovasi unik dari Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Aipda Zainuddin Renngur.

Inovasi tersebut terlintas di benak Zainuddin dari pantauannya terhadap tempat pembuangan sampah yang justru membuat keadaan bertambah kumuh di Desa Cabi, tahun 2017 silam.

Zainuddin menilai ada permasalahan dengan tumbuh kembang anak-anak di kawasan tersebut lantaran kumuhnya keadaan di sana.

"Mungkin dikarenakan jauhnya jarak desa ini dari perkotaan. Hal itulah yang membuat saya berinisiatif untuk mengubah yang tadinya tempat pembuangan sampah akhir menjadi taman bermain layak anak," ujar Zainuddin, kepada awak media, Jumat (20/12/2019).

Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Aipda Zainuddin Renngur saat ditemui di TBLA di Desa Cabi, Kec. Simpang Empat, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (20/12/2019).
Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Aipda Zainuddin Renngur saat ditemui di TBLA di Desa Cabi, Kec. Simpang Empat, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (20/12/2019). (Tribunnews.com/Vincentius Jyestha Candraditya)

Pengerjaan atau perubahan yang dilakukan Zainuddin dimulai dengan berbicara dan mendekati pemilik lahan.

Pasalnya, lahan tempat pembuangan sampah tersebut bukanlah milik desa setempat. Melainkan milik pribadi.

Setelah adanya persetujuan dan pandangan yang sama untuk merubah hidup anak-anak, maka Zainuddin mulai 'menyulap' kawasan tersebut.

Pantauan Tribunnews.com, kawasan tersebut terlihat asri. Banyak pepohonan rimbun yang membuat sinar terik matahari tak menjadi penghambat ajak-anak bermain di kawasan tersebut.

Baca: Habiskan Rp 2,2 T, Jokowi Minta Bandara Syamsudin Noor Terhubung dengan Kawasan Wisata dan Industri

Baca: Aplikasi Siharat Solusi Atasi Masalah di Banjarbaru Mulai Dari Kejahatan Hingga Pasang Regulator

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved