Politikus Gerindra Kaget Ada Anggota Fraksi PKS Usul Ekspor Ganja  

Rafli merupakan anggota DPR dari daerah pemilihan Aceh yang dikenal banyak tanaman ganja.

Politikus Gerindra Kaget Ada Anggota Fraksi PKS Usul Ekspor Ganja   
Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV
Andre Rosiade 

TRIBUNNEWS .COM, JAKARTA - Anggota Fraksi Gerindra di DPR RI Andre Rosiade mengaku kaget dengan pernyataan politikus PKS, Rafli yang mengusulkan ganja menjadi komoditas ekspor Indonesia.

Usulan tersebut disampaikannya dalam rapat kerja (raker) Komisi VI DPR bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Kamis (30/1/2020).

 "Urusan ganja terus terang saya kaget ya dengan pernyataan teman komisi saya, kebetulan pas beliau ngomong, posisi gw di sebelah dia. Kaget. Jadi posisi di sebelah beliau sehingga saya kaget ya kok beliau bicara seperti itu," kata Andre saat dihubungi, Sabtu, (1/2/2020).

Baca: Peneliti Ini Sebut Tanaman Ganja Bisa Digunakan untuk Medis Hingga Bahan Pembuat Kertas

Meskipun demikian Andre mengaku memahami pernyataan kawan se-komisinya itu di DPR.

Pasalnya Rafli merupakan anggota DPR dari daerah pemilihan Aceh yang dikenal banyak tanaman ganja. 

Baca: Rafli Diminta Jangan Bikin Pernyataan yang Banyak Mudaratnya

"Beliau sampaikan alasan-alasan ganja kalo bisa diekspor untuk kebutuhan farmasi, lalu bisa juga untuk bumbu makanan. Saya berprasangka baik saja," katanya.

Andre sendiri tidak setuju dengan usulan ekspor ganja tersebut. Karena dampak negatif dari ekspor ganja lebih banyak ketimbang dampak positifnya.

"Lebih baik kita jangan membuka ruang yang takutnya disalahgunakan nantinya. Memang kita butuh uang tapi negara ini bisa mencari alternatif pembiayaan dan pendapatan di luar menjual ganja. Kalau saya sih kurang setuju secara pribadi," pungkasnya.

Sebelumnya Politikus Rafli mengatakan tanaman ganja tidak berbahaya seperti pandangan mayoritas orang.

Ia mengatakan tanaman ganja bisa bermanfaat sebagai obat. Jika usulan itu diterima, ia mengatakan akan menyediakan lahan untuk ditanami ganja. Mengingat, ganja dapat tumbuh subur di daerah asalnya, Aceh.

Baca: Reaksi Istana atas Usulan Politisi PKS agar Ganja Jadi Komoditas Ekspor

"Misalnya, ganja ini. Entah untuk kebutuhan farmasi atau apa saja jangan kaku lah kita harus dinamis. Ganja ini tumbuhnya mudah di Aceh. Saya nanti siapkan lahannya segala macam," ujarnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved