Soal Kemungkinan PAN Gabung Pemerintahan, Ketua DPP PAN: Zulkifli Hasan Tak Keberatan

Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan Zulkifli Hasan tak keberatan untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi periode kedua ini.

Soal Kemungkinan PAN Gabung Pemerintahan, Ketua DPP PAN: Zulkifli Hasan Tak Keberatan
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan Zulkifli Hasan tak keberatan untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi periode kedua ini. TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO 

TRIBUNNEWS.COM - Wacana masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) semakin menguat sejak Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum PAN.

Mengenai hal ini, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan Zulkifli Hasan tak keberatan untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi periode kedua ini.

Menurutnya, Zulkifli pun membuka ruang untuk bergabung dalam pemerintahan.

"Kalau Pak Zul, saya kira arahnya tidak keberatan dan membuka ruang buat bergabung di pemerintah," tutur Bima dalam wawancaranya yang diunggah kanal Youtube TV One News, Minggu (16/2/2020).

Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan Zulkifli Hasan tak keberatan untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi periode kedua ini.
Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengatakan Zulkifli Hasan tak keberatan untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi periode kedua ini. (Tangkapan Layar TV One News)

"Tapi ini sahnya, afdolnya, nanti akan dinyatakan secara tegas paling tidak di rakernas pertama kita," sambungnya.

Sementara itu, Bima mengatakan, sebagian kader PAN menginginkan PAN untuk tetap berada di luar pemerintahan.

"Saat ini Bang Hatta, Pak Zul, Pak Kris, ini konsolidasi betul untuk mencapai target yang dicanangkan 2024.

Ada yang tetap ingin di opisisi tapi banyak juga yang secara realistis ingin akselerasi dengan pemerintah karena ada kader-kader PAN di eksekutif, walikota-walikota dari PAN kan tidak sedikit, bupati juga ada, Ketua DPRD dari PAN banyak, jadi suara-suara itu cukup dinamis lah di PAN," terangnya.

Sebelumnya, Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago sempat menyebutkan kemungkinan partai politik ini berpindah haluan terbilang memungkinkan apabila yang terpilih menjadi ketua bukan Mulfachri Harahap.

"Kalau nanti yang terpilih bukan Mulfachri, yang dikabarkan mendapat restu dan dukungan Amien Rais, bukan tidak mungkin arah politik PAN akan ada perubahan haluan," kata Pangi pada Tribunnews.com, Selasa (11/2/2020) lalu.

Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.
Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi.
Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya. Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi. (Pangi Syarwi Chaniago)
Halaman
123
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved