Panglima TNI dan Kapolri Antar 4 Jenazah Korban Kecelakaan Helikopter MI 17 Penerbad ke Kampung

Hadi dan Idham juga berksempatan memberikan tali asih kepada perwakilan keluarga yang menghadiri upacara tersebut.

Panglima TNI dan Kapolri Antar 4 Jenazah Korban Kecelakaan Helikopter MI 17 Penerbad ke Kampung
istimewa
Helikopter TNI yang jatuh 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menghadiri upacara pengantaran dan pemberangkatan empat jenazah anggota TNI korban kecelakaan Helikopter TNI AD  MI - 17 Penerbad di Lanud Silas Papare, Jayapura, pada Selasa (18/2/2020).

Hadi dan Idham juga berksempatan memberikan tali asih kepada perwakilan keluarga yang menghadiri upacara tersebut.

Keempat jenazah tersebut mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat atas jasa dan pengorbanannya dalam operasi militer selain perang secara anumerta.

Kenaikan pangkat tersebut diumumkan melalui pembacaan salinan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep188/II/2020 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

Baca: Kapolda Papua Hadiri Pelepasan 8 Jenazah Anggota TNI Korban Kecelakaan Helikopter

Baca: Spesifikasi Realme C3, Harga Mulai Rp 1 Jutaan Dilengkapi Chipset Gaming Helio G70

Keempat jenazah tersebut yakni Sertu Anumerta Ikrar Setia Nainggolan yang diberangkatkan menuju Sorong, Praka Anumerta Risno menuju Kendari, Praka Anumerta Yanuarius Loe menuju Kupang, dan Pratu Anumerta Sujono Kaimuddin menuju Ambon.

Upacara pengantaran jenazah tersebut dipimpin oleh Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab yang dihadiri oleh para perwira tinggi dan menengah TNI.

Tampak para perwira tinggi dan menengah TNI dan seluruh peserta upacara memberi hormat ketika empat peti jenazah tersebut dibawa menuju mobil jenazah.

Musik bernuansa duka juga melantun hingga empat peti jenazah masuk ke dalam mobil jenazah.

Empat peti jenazah tersebut kemudian dibawa menuju pesawat untuk diantar ke tempat asalnya masing-masing.

Keempat jenazah itu dan delapan jenazah lain yang sebelumnya telah diserahterimakan ke perwakilan keluarga tersebut gugur akibat kecelakaan helikopter dalam rangka Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 725/Mrw di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada 28 Juni 2019.

Kedelapan jenazah korban lainnya juga telah mendapatkan upacara yang sama dengan empat jenazah tersebut dan telah diantar ke kampung halamannya masing-masing pada Senin (17/2/2020) dengan Inspektur Upacara Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito.

Mereka di antaranya Mayor Cpn Anumerta Aris Afik, Mayor Cpn Anumerta Bambang, Kapten Cpn Anumerta Ahwar, Serma Anumerta Suriatna NRP 21080670141287, Sertu Anumerta Dita Ilham, Kopda Anumerta Dwi Purnomo, Praka Anumerta Asharul yang masing-masing diberangkatkan menuju Semarang.

Selain itu ada pula Pratu Anumerta Tegar Hadi Sentana yang diberangkatkan menuju Surabaya.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved