Breaking News:

Virus Corona

Kemensos: Penyaluran Bantuan Sosial Berjalan Sambil Menunggu Pembaruan Data dari Pemda

Kemensos melanjutkan distribusi bantuan sosial (bansos) secara simultan dengan pembaruan data penerima bansos oleh pemerintah daerah (pemda).

Tribunnews/Jeprima
Menteri Sosial, Juliari P Batubara 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial melanjutkan distribusi bantuan sosial (bansos) secara simultan dengan pembaruan data penerima bansos oleh pemerintah daerah (pemda).

Kemensos mengatakan bila dalam penyaluran, didapat data yang tidak valid, maka bisa diinformasikan untuk segera diganti atau diperbaharui.

Dalam jumpa pers hari ini (14/05/2020) kemensos melaporkan sejumlah perkembangan dalam penyaluran bantuan sosial khusus bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Baca: Wagub DKI: Ada 2,1 Juta KK Penerima Bansos Fase II, Tanggung Jawab Dibagi Dua Dengan Kemensos

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin menyatakan, penyaluran bansos sembako untuk Tahap I di wilayah DKI Jakarta sudah 100% disalurkan.

“Sudah 100% disalurkan, atau mencapai 955.312 KK,” kata Pepen.

Baca: Peduli Warga Lumpuh, TKSK Kemensos Salurkan Bantuan Kursi Roda

Dirinya mengatakan kini di DKI Jakarta telah memasuki penyaluran bansos Sembako tahap yang ke- II.

Bantuan yang diberikan pada tahap ke-II ini yaitu berupa beras.

“Adapun realisasi bansos beras Bantuan Presiden untuk Jabidetabek per tanggal 13 Mei 2020, pukul 10 WIB adalah 509.344 KK dari total 1.450.771 KK (35,11%),” katanya.

Pepen Nazaruddin juga menuturkan data terbaru terkait penerima bantuan sosial berupa sembako dari Presiden Republik Indonesia untuk masyarakat di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

"Untuk realisasi bansos Sembako Bantuan Presiden di Bodetabek, data per 14 Mei 2020, pukul 10.00 WIB, sudah direalisasikan kepada sebanyak 207.113 KK dari 510.759 KK (40,55%)," ucapnya.

Dirinya menjelaskan untuk penyaluran Tahap III yang akan datang, Kemensos kembali akan menyalurkan bansos sembako.

Untuk keperluan penyaluran di DKI Jakarta, kata Pepen, Kemensos sudah berkoordinasi dengan Pempov DKI agar distribusi sembako lebih efektif.

“Untuk wilayah/zona distribusi, Pempov DKI menyalurkan ke Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Di luar itu, akan disalurkan oleh Kemensos,” kata Pepen.

Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved