Lebaran 2020

Cemaskan OTG di Masa Pandemi, Almisbat Minta Warga Tak Mudik

Kekhawatiran dianggap sangat berasalan lantaran masih tingginya angka kasus penularan Covid-19 di area Jakarta dan area Bodetabek.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Sejumlah Anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah saat mengecek pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah di Gerbang Pintu Exit Tol Pejagan Brebes, Jawa Tengah, Rabu (29/4/20). Pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah harus di paksa putar balik ke kota tujuan demi memutus penularan pandemi Covid-19. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Reporter Tribunnews, Hasiholan Eko

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Relawan Jokowi dari Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat) mendukung keputusan pemerintah yang melarang warga mudik tahun ini.

Almisbat menyerukan warga, khususnya yang ada di wilayah Jabodetabek, untuk tidak mudik lantaran dikhawatirkan menjadi carrier covid-19 bagi keluarga di kampung halaman.

Kekhawatiran dianggap sangat berasalan lantaran masih tingginya angka kasus penularan Covid-19 di area Jakarta dan area Bodetabek.

“Apalagi ada tipe yang namanya OTG (orang tanpa gejala), semua orang tidak bisa mengetahui apakah yang mudik akan membawa virus atau tidak, oleh karena itu sebaiknya kita mengantisipasi dan meyelamatkan keluarga kita yang di kampung agar tidak terkena atau tertular virus covid-19,” kata Ketua Umum Almisbat, Hendrik Sirait. 

Baca: Pandemi Covid-19, Kemenag Gelar Takbir Virtual Sambut Lebaran

“Kami mengimbau kepada warga yang ingin mudik agar tetap bersabar dan menahan diri, mari kita bekerja keras untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 ini," tambah Hendrik Sirait.

Baca: Cegah Takbiran Keliling Oleh Warga, Satpol PP DKI Pasang Posko Jaga di Sejumlah Jalan Protokol

Imbauan itu dia lontarkan saat membagikan sembako kepada warga di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Jum'at (22/5/2020).

Hendrik merasa senang bisa membantu warga, apalagi penerima sembako di perkampungan padat ini benar-benar tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Baca: Masih Pandemi, Anies Tiadakan Open House dan Halal Bi Halal di Hari Lebaran

"Kami merasa senang dan puas dengan kegiatan hari ini, benar-benar tepat sasaran, apalagi banyak pekerja informal, perantau, buruh dan masyarakat yang sangat membutuhkan," paparnya. 

Distribusi bantuan sembako dari Almisbat kepada warga di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Jum'at (22/5/2020).
Distribusi bantuan sembako dari Almisbat kepada warga di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Jum'at (22/5/2020). (IST)

Ke depan, lanjut Hendrik, dirinya berharap, mudah-mudahan Almisbat dapat terus bekerja dan terus membantu warga.

Hasan, Ketua RT setempat sangat berterimakasih dengan relawan Almisbat atas keprihatinannya terhadap warganya yang sedang membutuhkan bantuan sembako ini.

"Kami sangat mengucapkan banyak terimakasih kepada relawan pak Jokowi dari Almisbat, tadi kita sudah bersama-sama memberikan langsung kepada ratusan warga yang ada disini, sebagian warga kami pasti sangat membutuhkan, karena dari mereka ada yang kerjanya diberhentikan, ada juga yang tukang cuci, buruh dan sebagian warga juga sudah lansia dan tidak mampu bekerja lagi," katanya.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved