Breaking News:

Belajar Dari Pandemi Covid-19, CPNS Tahun Ini akan Dijuruskan Rekrut ASN Profesional

Indonesia sangat membutuhkan pengetahuan dan inovasi untuk mewarnai kebijakan dan menjadi dasar dari pembuatan kebijakan publik

Tribunnews.com/Jeprima
Ilustrasi ASN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Belajar dari pandemi virus corona, penyelenggaraan CPNS tahun ini akan dijuruskan untuk merekrut aparatur sipil negara (ASN) yang profesional dibidangnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo dalam dalam diskusi yang diselenggarakan Kemenristek Dikti secara online, Senin (22/6/2020).

“Penerimaan CPNS tahun ini kami tidak menempatkan masalah-masalah yang terbatas tenaga administrasi saja yang ikut tes. Tapi semua sudah diarahkan dan dijuruskan sehingga membangan postur ASN yang professional , ASN yang produktif dan cepat melayani masyarakat,” ujar Tjahjo.

Dalam penanggulangan Covid-19, Indonesia sangat membutuhkan pengetahuan dan inovasi untuk mewarnai kebijakan dan menjadi dasar dari pembuatan kebijakan publik.

Baca: Pengunggah Video Dokter Tanpa Busana di Surabaya Dibekuk, Pelaku Bukan ASN

Tjahjo Kumolo mengatakan untuk mendukung ekosistem dan IPTEK yang berkualitas perlu keterlibatan seluruh elemen bangsa.

Perlu adanya sistem pengetahuan dan inovasi untuk mentransformasi penyelenggaraan birokrasi tradisional dan konvensional menuju birokrasi yang responsif, adaptif dan berbasis IT.

“Ekosistem pengetahuan dan inovasi perlu didukung adanya SDM yang mumpuni dan pendanaan yang terkoordinasi,” ujarnya dalam diskusi yang diselenggarakan Kemenristekdikti secara online, Senin (22/6/2020).

Ekosistem pengetahuan maupun inovasi membutuhkan kapasitas negara (state capacity) untuk menggerakan semua elemennya.

Baca: Tjahjo Kumolo Minta Instansi dan Pemda Percepat Penyederhanaan Birokrasi

Kapasitas negara ini tercermin dari kapasitas kelembagaan (institutional capacity) dan kapasitas SDM ASN-nya (civil service capacity) yang kinerjanya terlihat dari tingkat efisiensi dan efektivitas proses dan tata kelola pemerintahannya.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved