Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Mendagri Tito Karnavian Minta Semua Pihak Dukung Penyelenggara Pilkada Serentak

Tito Karnavian, meminta semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada untuk all out mendukung kerja penyelenggara Pemilu.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Tito Karnavian - Menteri Dalam Negeri 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meminta semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk all out mendukung kerja penyelenggara pemilu.

Ia mengakui baik pihaknya di Kemendagri, maupun KPU dan Bawaslu tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa dukungan semua elemen termasuk petugas keamanan hingga masyarakat.

"Ini tidak akan mungkin mampu penyelenggara KPU dan Bawaslu bekerja sendiri. Kita dukung dengan semua kekuatan yang ada,” kata Mendagri saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Bupati Aceh Besar Pimpin PAN Aceh, Optimis Menang Pilkada 2020 dan Pileg 2024

Menurut eks Kapolri itu dari semua tahapan yang sudah dilakukan, semuanya relatif berjalan lancar.

Namun, masih ada sisa tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, sampai dengan penghitungan suara yang menurutnya perlu dijaga agar tetap kondusif.

Apalagi penyelenggaraan Pilkada kali ini digelar di tengah pandemi covid-19 yang merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia.

Baca juga: Jelang Pilkada Diduga Rawan Politik Uang, Saut Situmorang Sarankan KPK Ikut Memantau

“Situasi Pilkada kali ini belum pernah terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia digelar, di tengah pandemik. Ini baru pertama kali, pengalaman baru kita semua," katanya.

Pilkada kali ini ditegaskan Tito akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat yang akan melakukan pencoblosan sudah diatur jam kedatangannya ke tempat pemungutan sementara (TPS), sehingga diyakini tidak terjadi pengumpulan massa.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved