Breaking News:

Ketua Komisi X Usul Subsidi Kuota Internet PJJ Diperpanjang Hingga Tahun Depan

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda sarankan Kemendikbud perpanjang pemberian subsidi kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga 2021.

https://www.freepik.com/
Ilustrasi kuota internet gratis 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyarankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperpanjang pemberian subsidi kuota Internet untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga tahun 2021.

Syaiful mengaku hingga kini belum mendapatkan informasi mengenai perpanjangan program ini dari Kemendikbud.

"Semoga tahun 2021 yang akan datang masih ada afirmasi khusus subsidi kuota ini, karena belum ada pembahasan. Mungkin ya masih butuh waktu terkait dengan ini," ujar Syaiful dalam webinar Seminar Nasional ISNU DKI dan Haul Gusdur ke-11, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: KPK Pelototi Subsidi Gaji, Kuota Internet dan Vaksinasi Agar Tidak Dikorupsi Seperti Bansos Covid-19

Menurut Syaiful, bantuan ini sangat meringankan beban dari siswa dan orang tua untuk menjalankan PJJ.

Politikus PKB ini mengatakan DPR bakal mendukung, jika pemerintah meneruskan program ini.

"Seluruh peserta didik guru mendapatkan subsidi kuota yg dialokasikan 7,2 triliun untuk membantu orang-orang tua siswa yang selama ini susah untuk membeli pulsa," tutur Syaiful.

Siswa mengenakan baju seragam olahraga saat mengikuti pembelajaran jarak jauh melalui daring dikawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (2/10/2020). Pemerintah akan memberikan subsidi kuota internet, besaran kuota yang diterima bervariasi tergantung jenjang pendidikan. Untuk siswa PAUD mendapatkan 20 gigabyte, siswa pendidikan dasar dan menengah 35 gigabyte, guru 42 gigabyte serta mahasiswa dan dosen 50 gigabyte. Tribunnews/Jeprima
Siswa mengenakan baju seragam olahraga saat mengikuti pembelajaran jarak jauh melalui daring dikawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (2/10/2020). Pemerintah akan memberikan subsidi kuota internet, besaran kuota yang diterima bervariasi tergantung jenjang pendidikan. Untuk siswa PAUD mendapatkan 20 gigabyte, siswa pendidikan dasar dan menengah 35 gigabyte, guru 42 gigabyte serta mahasiswa dan dosen 50 gigabyte. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Seperti diketahui, Pemerintah mengalokasikan subsidi kuota internet untuk guru dan siswa.

Anggaran pulsa bagi peserta didik diberikan sejak September sampai Desember 2020 sebesar Rp 7,2 triliun.

Bantuan kuota internet ini diberikan untuk empat kelompok, yakni siswa PAUD, siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar menengah, dan tentunya mahasiswa dan dosen.

Sejumlah siswa mengenakan masker dan pelindung wajah mengerjakan tugas dari sekolah saat mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Warnet Covid-19 RW 09, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (10/8/2020). Fasilitas warung internet gratis dengan menerapkan protokol kesehatan ini dihadirkan untuk membantu para siswa dalam mengikuti PJJ, sehingga para orang tua siswa tidak perlu lagi khawatir soal kuota internet. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sejumlah siswa mengenakan masker dan pelindung wajah mengerjakan tugas dari sekolah saat mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Warnet Covid-19 RW 09, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (10/8/2020). Fasilitas warung internet gratis dengan menerapkan protokol kesehatan ini dihadirkan untuk membantu para siswa dalam mengikuti PJJ, sehingga para orang tua siswa tidak perlu lagi khawatir soal kuota internet. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Siswa PAUD mendapatkan 20 GB, siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat 35 GB, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar diberikan 42 GB.

Sementara mahasiswa dan dosen diberikan 50 GB.

Kuota terbagi atas kuota umum yang bisa digunakan untuk semua jenis aplikasi dan kuota belajar yang hanya untuk aplikasi dan aktivitas belajar.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved