Breaking News:

Calon Kapolri

Eks Pimpinan KPK: Jangan Ragukan Kemampuan Komjen Listyo Sigit Prabowo

Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas dibidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit, dalam konferens pers penangkapan terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua KPK, Indriyanto Seno Adji meminta masyarakat tidak meragukan kemampuan Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dicalonkan tunggal sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo ke DPR RI.

Menurut dia, Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas dibidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri.

“Jadi, tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan managerial SDM kelembagaan Polri,” kata Indriyanto dalam keterangannya, Rabu (13/1/2021).

Selain itu, Indriyanto meyakini penunjukan Komjen Listyo Sigit untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

“Dipastikan penunjukan Jenderal Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabelitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri,” ujarnya.

Sementara itu, Indriyanto melihat tantangan Komjen Listyo Sigit ke depan sebagai pemimpin di Kepolisian Republik Indonesia tetap pada kondisi pandemik Covid-19. Tentu, pendekatannya adalah kamtibmas secara persuasif dan penegakan hukum yang tegas.

“Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan Covid-19, pula atensi pada persiapan Pilkada Serentak, dan gangguan keamanan terkait sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah,” jelas dia.

Oleh karena itu, Indriyanto mengingatkan bahwa sepanjang tahun 2021 ini memang kondisi yang tidak ringan dari Kapolri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara luas dari negara.

“Polri tetap menjaga komunikasinya dengan representasi elemen media, lembaga swadaya masyarkarat maupun tokoh masyarakat sebagai pilar penguatan negara,” tandasnya.

Baca juga: Calon Kapolri Komjen Listyo di Mata Ketua WP KPK

Diberitakan sebelumnya, Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengajukan Kabareskrim Polri Komjen  Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved