Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Basarnas: Bagian CVR yang Berfungsi Menangkap Data Percakapan atau Suara di Kokpit Sudah Ditemukan

CVR pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang berfungsi untuk menangkap data percakapan atau suara di kokpit pesawat. 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas membawa kantong jenazah berisi bagian tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta Utara, Senin (11/1/2021). Tim SAR gabungan pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hingga Senin (11/1/2021) sore telah berhasil membawa 14 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengatakan tim telah menemukan bagian dari Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang berfungsi untuk menangkap data percakapan atau suara di kokpit pesawat. 

Bagus menjelaskan bagian tersebut bernama CVR Electric Unit. 

"Jadi yang ditemukan adalah bagian dari CVR unit yang disebut adalah CVR electronic unit yang berfungsi untuk menangkap data percakapan atau suara yang ada di kokpit. Itu yang sudah ditemukan," kata Bagus di Posko JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara pada Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Hari Ke-9, RIB Basarnas Bawa 1 Kantung Serpihan Sriwijaya Air SJ 182 ke Posko JICT II

Hingga hari kesembilan operasi SAR Gabungan tersebut, kata Bagus, pihaknya belum menemukan bagian CVR lainnya yang berfungsi untuk menyimpan data percakapan tersebut. 

Bagian tersebut, kata Bagus, bernama Crash Survivable Memory Unit (CSMU).

"Yang belum ditemukan adalah yang kita sebut Crash Survivable Memory Unit yang berisi data percakapan atau suara di kokpit. Jadi yang pertama tadi fungsinya adalah menangkap, yang belum ketemu ini adalah yang merekam, yang berisi memorinya," kata Bagus. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved