Breaking News:

Survei Median: Disodorkan 16 Nama, Masyarakat Pilih Anies, Risma dan Sandiaga di 3 Besar Cagub DKI

Kemudian Ade menjelaskan alasan responden memilih tiga nama yang berada di urutan tertinggi menjadi calon gubernur DKI.

Lusius Genik/Trbunnews.com
Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Perayaan Imlek 2572 Nasional 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Median merilis hasil survei mengenai elektabilitas bursa calon gubernur DKI Jakarta. Namun kali ini, pihak Median menyodorkan 16 nama kepada responden.

Direktur Eksekutif Median Ade Irfan Abdurahman mengatakan responden juga diperbolehkan memberi jawaban semi terbuka dimana mereka diperbolehkan menyebut nama yang tidak ada dalam daftar.

Baca juga: Survei Terbaru Pilgub DKI: Elektabilitas Risma Naik, Anies Stagnan, PDIP Sebut 2022 Tutup Buku

Survei dilakukan dengan pertanyaan 'Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini, dari nama-nama berikut, siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur DKI Jakarta? Jika tidak ada dalam daftar di alat bantu kuesioner, silakan sebut saja'.

Menteri Sosial Tri Rismaharini di tempat pembuangan sampah (TPS) RT 02 RW 08 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (3/2/2021).
Menteri Sosial Tri Rismaharini di tempat pembuangan sampah (TPS) RT 02 RW 08 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (3/2/2021). (TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino)

Dari survei itu, Anies Baswedan berada di puncak dengan 42,5 persen. Mengikuti di belakangnya Tri Rismaharini dengan 23,5 persen.

Baca juga: Tak Disodorkan Nama, Survei Median Ungkap 4 Besar Pilihan Masyarakat untuk Pilgub DKI

"Hasilnya mayoritas responden tetap memilih Anies dengan 42,5 persen, Risma 23,5 persen, Sandi 5,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,5 persen dan Ahok 2 persen," ujar Ade, dalam rilis virtual, Senin (15/2/2021).

Kemudian Ade menjelaskan alasan responden memilih tiga nama yang berada di urutan tertinggi menjadi calon gubernur DKI.

Baca juga: PKB Lirik Raffi-Agnez di Pilgub DKI, Pengamat: Itu Gimik Sama Seperti Mengendorse Rhoma Pilpres 2014

Untuk Anies, alasan responden memilihnya karena dianggap memiliki kinerja bagus (18,6 persen), religius atau pro Islam (11,9 persen), membawa perubahan (5,2 persen), dan sebagainya.

Sementara Risma dipilih kebanyakan karena dianggap memiliki kinerja bagus (14,9 persen), blusukan (11,7 persen), cepat tanggap (8,5 persen) dan sebagainya.

Audiensi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama CEO, Direksi Tribun Network serta para Pimred dan GM Tribun Network se- Indonesia, Rabu (10/2/2021).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 

"Sandi dianggap layak jadi cagub DKI karena merupakan seorang pengusaha (22,8 persen), muda (9,1 persen), membuka lapangan kerja (9,1 persen), dan sebagainya," tandasnya.

Untuk diketahui, survei Median dilakukan dalam kurun waktu 31 Januari-3 Februari 2021 dengan menggunakan 400 responden yang dipilih secara acak.

Survei menggunakan metodologi wawancara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Tingkat kepercayaan hasil survei 95 persen dengan margin eror 4,9 persen.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved