Breaking News:

Fakta Laka Maut Bus Sudiro Tungga Jaya di Tol Pemalang: Melaju Kencang, Jejak Pengereman 3 Meter

Polisi akhirnya mendapati fakta baru setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut bus Sudiro Tungga Jaya "Amanwanna"

IST
Kecelakaan maut bus Sudiro Tungga Jaya "Amanwanna" nomor polisi AD 1626 CU yang terjadi di Kilometer 308 jalur A Jalan Tol Pemalang Batang, Minggu (11/7/2021) siang. Laka ini menyebabkan 8 penumpang meninggal dan sebagian lainnya luka-luka. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Indra Dwi Purnomo

TRIBUNNEWS, PEMALANG - Polisi mendapati fakta baru setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut bus Sudiro Tungga Jaya "Amanwanna" nomor polisi AD 1626 CU yang terjadi di Kilometer 308 jalur A Jalan Tol Pemalang Batang, Minggu (11/7/2021).

Hasil olah TKP sementara bahwa bus Sudiro Tungga Jaya melaju dengan kecepatan sangat tinggi saat melintas di TKP.

"Dari pengecekan awal di TKP, terjadi pengeraman yang singkat dengan jarak sekitar 3 meter saat bus melaju dengan kencang," kata Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho kepada Tribunjateng.com, Senin (12/7/2021).

Menurutnya, jejak pengereman yang hanya tiga meter ini ditemukan polisi di lokasi kejadian setelah bus sebelumnya melaju sangat kencang di sisi sebelah kanan jalan.

Kecelakaan maut bus Sudiro Tungga Jaya
Kecelakaan maut bus Sudiro Tungga Jaya "Amanwanna" nomor polisi AD 1626 CU yang terjadi di Kilometer 308 jalur A Jalan Tol Pemalang Batang, Minggu (11/7/2021) siang. Laka ini menyebabkan 8 penumpang meninggal dan sebagian lainnya luka-luka. (IST)

Lalu, pengemudi bus membanting setir ke arah kiri, karena di depan bus terdapat truk boks yang melaju searah.

Akibatnya bagian depan bus sebelah kanan menyenggol bagian ujung kiri belakang truk boks Isuzu Elf.

"Bus mepet (menghajar) guardrail atau pembatas jalan dan banting ke kanan kemudian bus terbalik," ujar Kapolres Pemalang.

Hingga kini polisi belum membuat kesimpulan mengenai penyebab kecelakaan bus Sudiro Tungga Jaya di ruas tol KM 308 jalur A dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, Jalan Tol Pemalang-Batang yang menelan 8 korban jiwa dan 20 orang luka-luka itu.

Kapolres menambahkan, pihaknya akan kembali melakukan olah TKP lanjutan dibantu Tim Traffic Accident Analysis (TAA) dari Ditlantas Polda Jateng dan Asistensi dari Korlantas Polri, serta saksi ahli.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved