Breaking News:

Kasus Djoko Tjandra

Ketua Komjak Minta JPU Tak Perlu Lama-Lama Eksekusi Jaksa Pinangki

Komjakmeminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak berlama-lama melakukan eksekusi terhadap terpidana kasus suap eks Jaksa Pinangki

TRIBUN/DANY PERMANA
Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak memberikan pandangannya terkait kasus Djoko Tjandra saat mengunjungi redaksi Tribun Network di Palmerah, Jakarta, Jumat (4/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak berlama-lama melakukan eksekusi terhadap terpidana kasus suap eks Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Diketahui, eks Jaksa Pinangki masih belum juga dieksekusi ke lembaga permasyarakatan (Lapas) meskipun kasus hukumnya telah inkrah.

Dia harus menjalani hukuman 4 tahun penjara yang sebelumnya dipangkas dari 10 tahun penjara.

"Kita minta supaya tidak perlu lama-lama," kata Barita saat dikonfirmasi, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Kejaksaan Akui Kasus Suap Pinangki Sudah Inkrah, Eksekusi Tidak Perlu Dijemput Paksa

Barita menyampaikan pihaknya telah meminta keterangan dari pihak Kejaksaan perihal belum melakukan eksekusi terhadap Pinangki. 

Ia menuturkan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih terkendala administrasi sehingga belum melakukan eksekusi Pinangki setelah sebulan perkara itu in-kracht van gewijsde (inkrah).

"Kami sudah konfirmasi ke Kejari Jakarta Pusat saat ini terpidana dalam proses untuk eksekusi dan sedang menyelesaikan urusan administrasi dan teknisnya saja," ungkap dia.

Kejaksaan, kata Barita, telah menyampaikan komitmennya agar segera melakukan eksekusi terhadap Pinangki dalam waktu dekat ini.

"Jadi segera dieksekusi. Begitu infonya," tukasnya.

Baca juga: Belum Dieksekusi Karena Banyak Kerjaan, MAKI Bandingkan Kasus Pinangki dengan Pencopetan

Sebagai informasi, Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis eks Jaksa Pinangki selama 10 tahun penjara.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved