Breaking News:

Sumbangan Rp 2 Triliun

Kasus Rp 2 T, INDEF: Aspek Cross Check Penting Sebelum Selebrasi

INDEF juga menyarankan agar sumbangan dengan nilai besar akan lebih baik diwujudkan dalam bentuk barang agar lebih mudah untuk aspek transparansinya

Tribun Sumsel Rachmad Kurniawan
Putri mendiang Akidi Tio, Heriyanti bersama suami, Rudi Sutadi dan anak laki-lakinya, KL, keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Sumsel Senin malam (2/8/2021) pukul 21.57 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai pemerintah perlu mengedukasi masyarakat agar kejadian dana sumbangan Rp2 triliun tidak terulang.

Menurutnya, pihak pemerintah yang diamanahi dana seharusnya perlu melakukan cross check terlebih dahulu, misal dari aspek kepatuhan pajaknya. 

"Ini kan karena aspek selebrasinya mendahului cross check keberadaan dan legalitas dana yang akan dihibahkan," ucap Eko saat dihubungi Tribun, Selasa (3/8/2021).

Buntut dari dana bantuan sosial yang tujuannya mulia namun karena tidak melalui prosedur pengecekan sehingga berujung heboh.

"Maksudnya mungkin baik utk mendorong orang lain supaya terinspirasi tetapi malah bikin heboh karena aspek ketergesa-gesaan dan kehati-hatian yang kurang," jelas Eko.

INDEF juga menyarankan agar sumbangan dengan nilai besar akan lebih baik diwujudkan dalam bentuk barang agar lebih mudah untuk aspek transparansinya.

Baca juga: Anak Akidi Tio Bungkam, Dokter Keluarga Setuju Heriyanti Harus Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia 

Sebelumnya, Heriyanti hadir mewakili mendiang ayahnya Akidi Tio secara simbolis menyerahkan sumbangan Rp 2 triliun untuk penangan Covid-19 kepada Pemprov Sumsel.

Namun kabar terbaru sumbangan Rp 2 triliun tidak ada atau sulit dicairkan karena berada di Bank Singapura.

Setelah diselidiki polisi ternyata kasus ini adalah kasus kedua yang dilakukan Ahong alias Heriyanti.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved