Breaking News:

Reshuffle Kabinet

PKB, PPP Hingga PAN Tanggapi Isu Perombakan Kabinet Jelang Rabu Pon

Jokowi biasanya memberitahu minimal dua hari sebelum hari H atau hari reshuffle dilakukan.

Chaerul Umam
Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid secara lugas menegaskan belum ada informasi seputar isu perombakan atau reshuffle kabinet dari istana kepada partainya.

Reshuffle disebut-sebut bakal dilakukan pada Rabu Pon, 8 Desember 2021.

Jazilul mengatakan pihaknya tak mau terlalu memikirkan siapa sosok yang kemungkinan bakal digeser dan digantikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKB disebutnya akan mengikuti keinginan Jokowi

"Belum ada info (reshuffle). Terserah Pak Jokowi (yang direshuffle), kita manut saja karena itu hak prerogatif presiden," ujar Jazilul, ketika dihubungi Tribunnetwork, Rabu (1/12/2021).

Senada, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menegaskan Jokowi jarang memberikan informasi reshuffle dari jauh-jauh hari kepada pimpinan partai politik koalisi pemerintah.

Berdasarkan pengalaman, Arsul menyebut Jokowi biasanya memberitahu minimal dua hari sebelum hari H atau hari reshuffle dilakukan.

Hanya saja tak seluruh partai diberitahu, hanya partai tertentu yang diberitahu tergantung siapa yang tidak terkena reshuffle. 

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Ketum PKB: Biasanya Pas Mepet-mepet Baru Diajak Bicara

"Kemarin-kemarin selama Pak Jokowi ya itu tidak pernah diomongkan termasuk dengan pimpinan partai politik jauh-jauh hari nggak pernah," kata Arsul.

"Jadi kalau dalam waktu yang sangat dekat, sangat dekat itu bisa dua kali 24 jam. Itu baru bisa presiden memberitahu kan, itu pun terkait dengan dari partai politik yang bersangkutan. Tapi kalau terkena reshuffle itu dari partai menteri dari partai A, ya partai B nggak diajak," imbuhnya.

Berbeda lagi dengan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno yang mengharapkan adanya informasi seputar reshuffle dari media massa.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved