Breaking News:

Bursa Capres

Pengamat: Jokowi Punya Potensi Jadi 'King Maker' dan Bentuk Poros Baru di Luar PDIP

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disebut berpotensi menjadi salah satu 'king maker' di luar partai politik yang menentukan pada Pilpres 2024.

Tribunnews.com/Istimewa
Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disebut akan menjadi 'king maker' di Pilpres 2024. 

Istilah tersebut merujuk pada tokoh yang dinilai dapat memunculkan kandidat yang memenangi pemilu.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menilai, Jokowi dalam hal ini juga berpotensi membentuk poros baru di luar PDI Perjuangan. 

Pernyataan Hanta tersebut menyusul isu sinyal dukungan Jokowi untuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di 2024 pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pro Jokowi (Projo), di Magelang, Jawa Tengah Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Diisukan Dukung Ganjar di Pilpres, Budi Arie: Projo Ora Kesusu

"Pak Jokowi memang berpotensi besar menjadi salah satu 'king maker' di luar partai politik yang menentukan pada Pilpres 2024, di luar nama Bu Megawati, Pak Prabowo, Pak SBY, dan ada nama Pak Surya Paloh yang memegang tiket partai," kata Hanta dilansir Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Lanjut Hanta mengatakan, adanya potensi Jokowi sebagai 'king maker' tak terlepas dari kekuasaan dan otoritas politiknya untuk mengumpulkan partai politik.

Sehingga, Jokowi dinilai mampu mengumpulkan dukungan partai politik untuk mendukung figur yang diinginkan

"Dan Pak Jokowi juga bakal mampu mengumpulkan dukungan partai politik untuk mendukung figur yang diinginkan," jelas Hanta.

Meski demikian, Hanta menilai, hal tersebut tidak menutup kemungkinan PDIP dan Jokowi akan bersatu pada Pilpres 2024.

Jokowi Pidato di Rakernas Projo, Relawan Teriakkan Nama Ganjar

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri Rakernas V relawan pro jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Acara ini bertujuan untuk menentukan arah politik pada kontestasi politik 2024.

Jokowi menyebut dalam pidatonya agar masyarakat jangan tergesa-gesa dalam menentukan pilihan politik sekali pun pilihannya hadir di acara tersebut.

Ia memberi sinyal kepada Ganjar dan langsung disambut meriah dan tepuk tangan seluruh relawan Projo yang hadir.

Baca juga: Pengamat Duga PDIP Sedang Mainkan Dramaturgi Politik, Manuver NasDem Dianggap Menarik

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved