Presidensi G20

Survei Indikator Politik: Masyarakat Secara Umum Setuju Rusia dan Ukraina Diundang dalam KTT G20

Survei Indikator Politik menyatakan masyarakat secara umum setuju jika Rusia dan Ukraina diundang dalam KTT G20 di Indonesia.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Tangkapan Layar/ Gita Irawan
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan masyarakat secara umum setuju jika Rusia dan Ukraina diundang dalam KTT G20 di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Temuan survei Indikator Politik Indonesia pada 16 sampai 24 Juni 2022 menyatakan masyarakat secara umum setuju jika Rusia dan Ukraina diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan hasil temuan survei menyatakan hanya 30 persen masyarakat yang tahu Indonesia merupakan Presidensi G20.

Survei menunjukkan dari responden yang tahu, sebagian besar masyarakat setuju mengundang Rusia dalam KTT G-20 meskipun ada penentangan dari negara-negara Barat.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei yakni apakah Ibu/Bapak setuju jika Indonesia tetap mengundang Rusia dalam KTT G20 November 2022 mendatang?

Sedangkan konteks dari pertanyaan yang ditanyakan dalam survei tersebut adalah Rusia juga merupakan salah satu negara yang tergabung dalam kelompok G20.

Baca juga: Survei Indikator Politik Juni 2022: Tren Persepsi Kondisi Penegakan Hukum Mulai Meningkat

Ddalam situasi konflik atau perang antara Rusia dan Ukraina hingga saat ini, sejumlah negara anggota G20 menentang keikutsertaan Rusia dalam KTT G20 tersebut (seperti Amerika, Australia, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa).

Berdasarkan hasil temuan survei, responden yang menyatakan sangat setuju 7,9 % , setuju 67,9 % , kurang setuju 14,5 % , tidak setuju sama sekali 4,5 % , dan tidak tahu atau tidak jawab 5,1 % .

Total, kata dia, sekira 75 % masyarakat yang setuju Rusia tetap diundang meskipun ditentang oleh negara-negara seperti Amerika, Australia, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa.

Baca juga: Survei Indikator Politik Catat 67,5 Persen Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi, Ini 5 Alasannya

Selain itu, kata dia, dari mereka yang tahu Indonesia sebagai Presidensi G20, masyarakat secara umum setuju jika Rusia dan Ukraina diundang dalam KTT G20.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved