HUT Kemerdekaan RI

14 Pesawat F-16 TNI AU Bakal Bentuk Formasi 77 pada HUT RI, Gedung Tinggi di Jakarta Jadi Tantangan

Dua pesawat tempur F-16 TNI AU lainnya juga telah disiapkan apabila pesawat yang terlibat dalam formasi 77 tersebut mengalami kendala.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (15/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU yang tergabung dalam Garuda Flight akan membentuk formasi angka 77 dalam fly pass peringatan HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta Pusat pada Rabu (17/8/2022) mendatang.

Sementara itu, dua pesawat tempur F-16 TNI AU lainnya juga telah disiapkan apabila pesawat yang terlibat dalam formasi 77 tersebut mengalami kendala.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan ada sejumlah tantangan yang dialami oleh para penerbang muda TNI AU dalam fly pass tersebut.

Pertama, kata dia, formasi tersebut menuntut akurasi, keterampilan, dan kecermatan terutama terkait kecepatan yang harus dihitung dengan rinci.

Baca juga: 16 Pesawat F-16 TNI AU dan 8 Heli Gelar Gladi Bersih Fly Pass di Istana Negara Saat HUT ke-77 RI

Selain itu, kata dia, cuaca panas di Jakarta juga menuntut para pilot untuk berhati-hati.

"Kemudian tantangan berikutya adanya obstacle (rintangan), gedung-gedung tertinggi. Mereka harus terbang di antara ketinggian 1.800-2.000 feet, sementara ketinggian gedung di Jakarta saat ini sudah ada mencapai 1.500 feet," kata Indan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusumah pada Senin (15/8/2022).

Ia mengatakan demo fly pass tersebut merupakan instruksi atau permintaan dari Panitia Pusat Peringatan HUT Ke-77 RI.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemudian menugaskan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo untuk menyiapkan demo udara.

Latihan hari ini, kata Indan, adalah latihan ketiga yang telah dilaksanakan di Halim Perdanakusumah setelah dua gladi kotor sebelumnya dilakukan pada Minggu (14/8/2022) dan Sabtu (13/8/2022).

Indan menjelaskan call sign dari fly pass pesawat tempur F-16 tersebut adalah Garuda Flight.

Nantinya, kata dia, Garuda Flight akan membentuk formasi angka 77 ketika melintas di Istana Merdeka Jakarta Pusat pada Rabu (17/8/2022).

Pesawat-pesawat tempur F-16 yang terlibat di Garuda Flight, kata dia, berasal dari dua satuan berbeda yang mengoperasikan F-16 yakni F-16 dari Skadron 23 yang Lanud Iswahjudi Madiun dan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Untuk Garuda Flight, kata dia, akan melaksanakan penerbangan dengan lintasan dari selatan ke utara atau tepat di depan istana dengan membentuk angka 77.

"Ini adalah suatu kehormatan dan juga kebanggaan bahwa kami dipercaya kembali untuk melaksanakan demo udara dalam bentuk yang pertama adalah fly pass 16 pesawat F-16 dengan membentuk angka 77 melintas di atas Istana Negara," kata Indan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved