HUT Kemerdekaan RI

Siswi Asal Banyuwangi Jadi Pembawa Baki di Upacara Penurunan Bendera

Ayumi tergabung dalam Tim Pancasila Sakti, tim yang bertugas menurunkan bendera Pusaka bersama tiga orang lainnya di sore hari.

Tangkap Layar Youtube
Siswi asal Banyuwangi, Jawa Timur menjadi pembawa baki dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siswi asal Banyuwangi, Jawa Timur menjadi pembawa baki dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022) sore.

Diketahui dia bernama Ayumi Putri Sasaki yang merupakan perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Media Presiden, Ayumi merupakan salah satu dari 68 pelajar SMA yang dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Senin (15/8/2022) lalu.

Ayumi tergabung dalam Tim Pancasila Sakti, tim yang bertugas menurunkan bendera Pusaka bersama tiga orang lainnya di sore hari.

Ketiga rekan yang lainnya yakni; Arnold Steven Sinaga, perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan Komandan Kelompok 8, Isra Mashel Arifin, perwakilan dari Provinsi Banten sebagai pembentang bendera, serta Muhammad Rajwa Al Farizi perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah sebagai pengerek bendera.

Ayumi menyerahkan duplikat Bendera Negara Sang Merah Putih langsung kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) sore.

Adapun Tim Pancasila Sakti Paskibraka menjadi tim yang bertugas menurunkan Bendera Merah Putih.

Ada tiga orang dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas menurunkan bendera. Mereka adalah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili provinsi Sulawesi Tenggara.

Kemudian, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili provinsi Banten, lalu Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili provinsi Jawa Tengah.

Semenyara Ayumi Putri Sasaki menjadi anggota Pasikbaraka dari Jawa Timur yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih usai dilipat.

Berbeda dengan pengibaran, Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yakni Kolonel Pnb Agni Prayogo. Agni di TNI Angkatan Udara menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Sedangkan, yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo yangg saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob.

Bertindak sebagai Perwira Upacara yakni Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

Baca juga: Kepala Sekretariat Presiden Beberkan Cerita Bawa Farel Prayoga ke Istana yang Buat Deg-degan

Tampak hadir sejumlah petinggi negara dalam upacara sore ini, yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa menteri juga hadir, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved