Penyakit Cacar Monyet

Imunitas Terganggu Picu Pasien di Italia Menderita Positif HIV, Covid-19 dan Monkeypox Sekaligus

Seseorang dapat terinfeksi 3 virus secara bersamaan, yakni HIV, Covid-19 dan cacar monyet diduga dipicu masalah imunitas yang terganggu.

capture zoom meeting
Dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P(K)., dalam virtual media briefing bertajuk 'Update Kasus Covid dan Cacar Monyet dari PB IDI', Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya kasus pertama pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19), cacar monyet (Monkeypox) dan HIV di Italia mendapatkan sorotan banyak peneliti dan petugas medis.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang dapat terinfeksi 3 virus secara bersamaan mulai dari Covid-19, cacar monyet hingga HIV  ?

Dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P(K)., mengatakan bahwa ini bukan hal yang aneh karena pada dasarnya yang menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit adalah sistem imun yang terganggu.

"Jadi penyakit-penyakit virus ini, Covid karena virus, cacar monyet karena virus, HIV juga karena virus, biasanya masalah basic dasarnya adalah masalah imunitas," jelas Dr. Erlina, dalam virtual media briefing bertajuk 'Update Kasus Covid dan Cacar Monyet dari PB IDI', Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, awal mula pasien Italia itu bisa terinfeksi Monkeypox dan Covid-19 secara bersamaan, karena ia sebelumnya telah menderita HIV.

Sehingga sistem imunnya pun terganggu, ini tentunya memudahkan dirinya terinfeksi berbagai macam penyakit.

"Jadi sepertinya pasien dari Italia ini mungkin adalah penyakit dasarnya adalah HIV, yang artinya sistem imunnya memang sangat rendah, kalau imunitas menurun, itu semua infeksi akan masuk termasuk Covid dan juga cacar monyet," papar Dr. Erlina.

Baca juga: Tidak Langsung Bergejala, Ini Saran Dekan FKUI untuk Deteksi Dini Cacar Monyet

Dr. Erlina pun kembali menegaskan bahwa rendah atau tidaknya imunitas tubuh, tentu menjadi salah satu faktor penting dalam melihat apakah seseorang rentan terinfeksi penyakit atau tidak.

"Jadi faktor risikonya adalah masalah imunitas, dan mungkin juga dia tidak menjaga perilaku, tidak jaga jarak, tidak menerapkan protokol kesehatan, tidak mau divaksin juga, nah jadi dapatlah 3 penyakit sekaligus," pungkas Dr. Erlina.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved