Hari Kedua Kunjungan Kerja di Sumatera Utara, Puan Canangkan Program Dua Kali Tanam-Panen di Toba

Ketua DPR RI Puan Maharani mengawali kunjungan kerja hari keduanya di Sumatera Utara dengan menabur bibit padi di Kabupaten Toba.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
ist
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menabur bibit padi di Kabupaten Toba  Sumatera Utara, Jumat (2/9/2022) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengawali kunjungan kerja hari keduanya di Sumatera Utara dengan menabur bibit padi di Kabupaten Toba.

Penaburan bibit padi dilakukan Puan sekaligus untuk meresmikan Program Dua Kali Tanam-Dua Kali Panen untuk mendorong ketahanan pangan di Indonesia.

Kehadiran Puan di Kabupaten Toba, Jumat (2/9/2022), mendapat sambutan dari warga. Sepanjang jalan menuju lokasi, masyarakat menyambut kedatangan Puan sambil bernyanyi.

Baca juga: Puan akan Temui Airlangga Hartarto dan Prabowo, Hasto Beri Bocoran Materi yang Dibahas

Puan yang datang didampingi Ketua Komisi V DPR Lasarus dan Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti itu melakukan penaburan benih padi di Desa Baruara, Kecamatan Balige, Toba.

Mengenakan penutup kepala ulos, Puan menabur benih bersama 10 petani setempat. Sesekali tampak petani perempuan membantu Puan membetulkan ulosnya.

Penaburan benih tersebut sebagai tanda dimulainya program dua kali tanam-dua kali panen.

Selesai menebar benih padi, Puan lalu berpindah ke lahan jagung yang berjarak sekitar 1 km dari persawahan.

Dia menanam jagung sambil berbincang akrab dengan para petani yang menemaninya. Rencananya ada 10 ribu hektar lahan yang akan ditanami jagung di lokasi tersebut. Puan kemudian berbincang dengan warga dan para petani usai menanam jagung.

“Pangan adalah soal hidup matinya sebuah bangsa. Maka ketahanan pangan Indonesia adalah sebuah keharusan,” kata Puan dalam sambutannya, Jumat (2/9/2022).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mengatakan, ketahanan pangan tidak boleh hanya menjadi sekadar pemanis bibi saja.

Menurutnya, ketahanan pangan harus menjadi sebuah kenyataan hidu untuk kemajuan Indonesia dan kesejahteraan rakyat.

“Karenanya inovasi harus dihadirkan dalam sektor pertanian untuk meningkatkan produksi. Seperti program 2 Kali Tanam, 2 Kali Panen yang kita canangkan hari ini,” kata dia.

“Biasanya kan kita mengikuti siklus lama. Yang namanya panen ya setahun sekali, lalu sudah. Nah, sekarang kita lakukan inovasi, kita buat terobosan dengan 2 Kali Tanam, 2 Kali Panen,” imbuh Puan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved