Breaking News:

Selain Mesin Jadi Bersih, Ini Keunggulan Lain Kendaraan Diisi Pertamax

penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) kategori Pertamax pada kendaraan bermotor memberikan dampak baik bagi mesin.

HANDOUT
Petugas SPBU melakukan pengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai, penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) kategori Pertamax pada kendaraan bermotor memberikan dampak baik bagi mesin.

Menurutnya, dengan penggunaan Pertamax pada kendaraan bermotor membuat mesin menjadi lebih bersih dan ruang pembakaran pun menjadi maksimal.

Baca juga: Produsen Kendaraan Bermotor, Penentu Nasib Penggunaan BBM Berkualitas

"Pertamax ini, memiliki zat yang membersihkan mesin. Jadi saat menggunakan Pertamax di kendaraan bermotor bisa membuat ruang pembakaran lebih baik," ucap Bebin saat dihubungi oleh Tribunnews, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Ini Dua Keuntungan Jika Kendaraan Konsumsi BBM Pertamax

Bebin juga menjelaskan, BBM jenis Pertamax ini tidak meninggalkan kotoran di dalam mesin seperti seperti BBM jenis lainnya.

"Penggunaan BBM jenis Pertamax juga dapat membuat umur oli lebih panjang dibandingkan jenis lain. Pertamax tidak membuat oli cepat kotor,” ucap Bebin.

Kualitas Euro 4

Bebin juga menanggapi niat Pertamina yang ingin mendorong masyarakat agar menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamax untuk kendaraan bermotor.

Menurut Bebin, menghadirkan BBM berkualitas baik seperti Pertamax sangatlah bagus dan dapat menjadi transisi dalam menghadirkan BBM dengan kualitas Euro 4.

Terkait polusi udara yang dihasilkan kendaraan, Bebin menjelaskan, hal tersebut bukan karena oktan yang terkandung pada BBM.

"Untuk polusi sendiri, itu kaitannya dengan kualitas BBM saat ini. Indonesia kualitas BBM masih Euro 2 dan kedepannya harus beralih ke Euro 4," ujar Bebin.

Ia menambahkan, apabila kualitas BBM sudah Euro 4 maka hal tersebut bisa mengurangi polusi udara khususnya di Jakarta.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved