GIIAS 2022

Baterai Lithium-Ion All New Ertiga Hybrid Rusak, Apakah Mobil Masih Bisa Digunakan?

Baterai lithium-ion yang rusak tidak mempengaruhi kinerja mesin bensin pada Ertiga Hybrid. 

Penulis: Choirul Arifin
Tribunnews/fin
All New Ertiga Hybrid dipamerkan di booth Suzuki di GIIAS 2022, Kamis, 18 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Suzuki menyatakan mobil All New Ertiga Hybrid tetap bisa dijalankan meski suatu ketika komponen baterai lithium-ion di mobil ini mengalami kerusakan karena berbagai sebab.

Head of 4W Service Area PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Purnomo Adi mengatakan, mobil Ertiga Hybrid masih tetap bisa digunakan layaknya pemakaian biasa saat baterai lithium-ion di mobil ini rusak.

Purnomo mengatakan, baterai lithium-ion yang rusak tidak mempengaruhi kinerja mesin bensin pada Ertiga Hybrid. 

"Jika pemakaian over, melebihi tenggat waktu periode perawatan berkala, hal itu tidak akan mempengaruhi combustion chamber-nya," ujarnya di acara diskusi dengan media di pameran GIIAS 2022, Kamis (18/8/2022).

"ISG (Integrated Starter Generator) maupun baterainya sendiri adalah alat tambahan. Seperti additional tools atau part sendiri," lanjut Purnomo.

Dia menjelaskan, kerusakan baterai lithium-ion di Ertiga Hybrid bisa disebabkan karena kelalaian konsumen atau pemilik Ertiga Hybrid sendiri yang tidak melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi seperti yang direkomendasikan pabrikan.

Jika baterai mengalami kerusakan, dasbor di Ertiga Hybrid akan menampilkan indikator. Begitu juga untuk kondisi daya di baterai, akan ditampilkan daya yang tersedia di indikator di dasbor.

Baca juga: All New Ertiga Hybrid Pakai Baterai Lithium-Ion, Begini Cara Suzuki Kelola Limbahnya

"Misal muncul tanda bar daya baterai cuma 3 bar, cara isi ulangnya cukup dengan sering-sering saja dipakai mobilnya. Makin sering dipakai akan makin meningkatkan lifetime baterai mobilnya," kata Purnomo.

Ganti dengan yang baru

Purnomo menekankan, selama kerusakan baterai lithium-ion tersebut terjadi selama masa periode garansi, pihaknya akan menggantinya dengan komponen baterai yang baru.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved