Ragam Upaya Pemerintah Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh

Mau tidak mau ke depan pembelajaran online akan menjadi sebuah prioritas.

Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Siswa belajar di sekolah darurat Balla Online pendidikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadi, jalan Onta Baru Makassar, Kamis (2/7/2020). Balla Online ini didirikan warga bersama Bhabinkamtibmas untuk membantu anak-anak di sekitar yang kesulitan saat menghadapi school from home. 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beragam upaya dilakukan pemerintah untuk menunjang pembelajaran dari rumah untuk siswa didik yang diterapkan pada masa pandemi covid-19.

Upaya itu mulau dari adanya kurikulum darurat hingga program belajar di televisi.

Upya itu dilakukan berbagai instansi pemerintahan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika misalnya, terus memberikan dukungan pembelajaran dari rumah mulai dari program belajar di TV hingga beragam aplikasi.

Bahkan Kominfo juga sudah mengadakan Digital Talent Scholarship.

Baca: Tahun Depan, Kemendikbud Tetap Adakan Program Belajar dari Rumah di TVRI

“Pembelajaran dari rumah memang menimbulkan tantangan terutama dari segi telekomunikasi, untuk itu Kominfo sudah bekerjasama dengan operator telekomunikasi supaya bisa membangun BTS di daerah-daerah sehingga semua murid di daerah bisa mendapatkan akses untuk belajar dengan menggunakan internet,” ujar Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Kemkominfo, Mariam F. Barata lewat webinar berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Guru Indonesia, Kamis (3/9/2020).

Mariam melanjutkan, dari perusahaan seluler juga sudah menggunakan fasilitas internet gratis.

Begitu juga dari Kemendikbud telah mengeluarkan pengalokasian dana BOS untuk pembelian pulsa, paket data dan layanan platform online bagi guru dan siswa.

Namun di sisi lain Mariam mengingatkan yang perlu diwaspadai saat pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet adalah adanya konten-konten negatif seperti pornografi maupun hoax.

Baca: 6 Kegiatan Seru Ini Bikin Anak Nggak Bosan Belajar dari Rumah

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved