Rizieq Shihab Dipolisikan

Rizieq Tak Setuju Video Rekaman Ceramah Selama 2 Menit 13 Detik Dijadikan Alat Bukti

Rizieq tidak setuju video rekaman ceramah selama 2 menit 13 detik dijadikan alat bukti utama dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila.

Rizieq Tak Setuju Video Rekaman Ceramah Selama 2 Menit 13 Detik Dijadikan Alat Bukti
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq menyampaikan tausiah di hadapan ribuan umat Islam seusai melaksanakan salat magrib, di Mesjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (13/2/2017). Habib Rizieq menyempatkan diri hadir di Mesjid Pusdai menemui pendukungnya yang telah menunggu dari pagi dengan menggelar zikir dan doa bersama untuk kelancaran pemeriksaan dirinya di Mapolda Jabar dari pagi hingga sore. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memenuhi panggilan penyidik Polda Jawa Barat.

Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan selama lebih dari tujuh jam di Gedung Reskrimum Markas Polda Jawa Barat, Senin (13/2/2017).

Rizieq yang diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik keluar sekitar pukul 17.30 WIB.

"Saya jawab semua setiap detail pertanyaan dari penyidik," kata Rizieq saat ditemui seusai pemeriksaan.

Menurutnya, penyidik memberondong puluhan pertanyaan kepada dirinya. Pertanyaan dari penyidik tidak jauh dari seputar tesisnya berjudul "Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia".

"36 pertanyaan semua menyangkut tesis saya," ungkapnya.

Tersangka kasus dugaan penistaan lambang negara Pancasila dan pencemaran nama baik ini mengemukakan, tesisnya pun dibawa sebagai salah satu bukti meringankan.

"Penyidik, kan, cuma nanya. Penyidik nanya, kita jawab. Ya, anggap saja lagi ujian," kata Rizieq.

"Kita bincang-bincang soal Pancasila, soal sejarah Pancasila, bagaimana lahirnya Pancasila, kemudian bagaimana Pancasila sebagai dasar negara. Artinya tidak keluar dari koridor tesis," tambah dia.

Rizieq memberikan tesis tersebut kepada penyidik untuk membuktikan pernyataannya yang membantah bahwa dia pernah menghina Pancasila. Menurut dia, pemeriksaan berjalan bagus, penyidiknya pun baik.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved