Natal dan Tahun Baru 2022

Hari Ini Puncak Arus Balik Libur Nataru Melalui Bandara Ngurah Rai, 6.123 Penumpang Tinggalkan Bali

Hingga pukul 15.00 Wita tercatat penumpang yang sudah meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebanyak 6.123 penumpang.

Editor: Dewi Agustina
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana menuju pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (2/1/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, MANGUPURA - Puncak arus balik penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (2/1/2022).

Pantauan tribunbali.com di area drop zone keberangkatan domestik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tampak dipadati oleh kendaraan yang menurunkan penumpang.

"Hari ini, hari Minggu tanggal 2 Januari 2022 planning pax (rencana penumpang) keberangkatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali itu kurang lebih 15 ribu penumpang. Sedangkan untuk kedatangan itu sekitar 7 ribuan penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira.

Ia menambahkan hingga pukul 15.00 Wita tercatat penumpang yang sudah meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sudah menyentuh angka 6.123 penumpang.

Sedangkan untuk kedatangan baru menyentuh angka 2 ribu penumpang.

Baca juga: Arus Balik Nataru Diprediksi Terjadi pada 1-2 Januari, Korlantas Polri Lakukan Antisipasi

"Memang diprediksikan di hari Minggu ini akan ada terjadi lonjakan penumpang untuk di terminal keberangkatan.
Tetapi untuk trafik pergerakan penumpang periode libur Nataru (24 Desember 2021 - 1 Januari 2022) memang melandai atau terjadi penurunan jika dibandingkan periode akhir pekan sebelumnya," imbuh Taufan.

Selama periode libur Nataru rata-rata harian kedatangan penumpang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 11 ribu penumpang.

Kemungkinan besar wisatawan domestik sudah berada di Bali sebelum periode libur Nataru.

Hal itu terlihat dari trafik pergerakan penumpang satu minggu ke belakang rata-rata yang meninggalkan Bali melalui Bandara itu sekitar 7 sampai 8 ribu penumpang.

"Masyarakat sepertinya memang menikmati momen libur Natal dan Tahun Baru di Bali datangnya sebelum periode Nataru," ungkap Taufan.

Pengetatan syarat perjalanan bagi pengguna moda transportasi udara jika mengacu pada Surat Edaran Kemenhub No. 111 Tahun 2021 terbaru hanya sampai hari ini.

Tetapi belum ada informasi lebih lanjut besok bagaimana ketentuan tersebut apakah diperpanjang atau tidak.

"Sampai dengan saat ini belum ada regulasi yang menyatakan ketentuan syarat perjalanan untuk besok, tetapi jika mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan itu berlaku hingga 2 Januari 2022 jadi tanggal 3 besok hingga seterusnya kembali ke regulasi sebelumnya," kata Taufan.

Baca juga: Korlantas Polri dan Kemenhub Tingkatkan Antisipasi Hadapi Puncak Arus Balik Nataru

Trafik pergerakan penumpang domestik selama satu bulan terakhir jika di rata-rata harian mencapai 22 ribu penumpang, kedatangan 11 ribu penumpang dan keberangkatan juga 11 ribu penumpang.

Sehingga jika melihat rata-rata harian tersebut ada sekira 600 ribu penumpang domestik telah dilayani di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali selama sebulan terakhir, terdiri dari sekira 300 ribu penumpang kedatangan dan 300 ribu penumpang keberangkatan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Puncak Arus Balik Libur Nataru Melalui Bandara Ngurah Rai Bali Diprediksi Terjadi Hari Ini

Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved